Dinas Pendidikan Aceh Sambut Baik Agenda IGORNAS Aceh

Igornas Provinsi Aceh melakukan kunjungan ke Kantor Dinas Pendidikan, dilanjutkan ke Kantor Wilayah Kementerian Agama, dan Dispora Provinsi Aceh pada Senin (01/08/2022).

Dalam kunjungan tersebut, Ketua Umum Igornas Provinsi Aceh, Dr. Muhammad Iqbal,M. Pd.,AIFO didampingi oleh Sekretaris Umum Riyanto, S. Or dan Wakil Sekretaris Rizki Trinanda, S. Pd. Agenda Igornas kali ini dalam rangka silaturahmi sekaligus menjalin kerjasama terkait agenda kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Igornas.

ā€œMaksud kedatangan kami, dalam rangka silaturahmi sekaligus menjalin kerjasama antara Igornas dengan Dinas Pendidikan, Kanwil Kemenag, dan Dispora Provinsi Aceh untuk mempersiapkan agenda kegiatan yang dalam waktu dekat ini akan kita laksanakan.ā€ Ujar Muhammad Iqbal.

Agenda yang dimaksud diatas, Riyanto menjelaskan bahwa Igronas akan mengadakan Training of Trainer (TOT) SKJ Pelajar dengan sasaran seluruh guru PJOK di Provinsi Aceh, baik guru PJOK dibawah naungan Dinas Pendidikan maupun Kementerian Agama.

ā€œTarget kita adalah mengadakan pelatihan secara menyeluruh terhadap guru PJOK disemua kab/kota yang ada di Provinsi Aceh. Rencana kegiatan sudah kita sampaikan ke Dinas Pendidikan melalui bapak Hamdani, S. Pd.,M. Pd selaku Kabid Pembinaan SMA dan PKLK, ke Kanwil Kemenag melalui bapak Zulkifli, S.Ag.,M.Pd selaku Kasi Pendidikan Madrasah, dan ke Dispora Provinsi Aceh melalui bapak T. Banta Nuzullah, S.Pd selaku Sekretaris,ā€ ujar Riyanto.

Hamdani, S. Pd.,M. Pd selaku Kabid Pembinaan SMA dan PKLK di Dinas Pendidikan Provinsi Aceh menyambut baik rencana kegiatan tersebut dan siap membantu Igornas dalam merekomendasikan peserta yang merupakan guru PJOK dari sekolah dibawah naungannya.

ā€œKita akan bermitra dengan Igornas dalam membantu memberikan rekomendasi kepada calon peserta dalam kegiatan TOT tersebut. Kita mengharapkan agar kegiatan TOT ini nantinya akan melahirkan guru PJOK yang mahir dalam Senam SKJ sekembalinya dari pelatihan dan mampu menciptakan peserta didik yang bugar dan gemar berolahraga.ā€ Imbuh Hamdani.

Adapun teknis TOT SKJ nantinya, Rizki Trinanda menjelaskan bahwa kegiatan ini nantinya akan dilakukan secara berkala dan diharapkan mampu dilaksanakan diseluruh wilayah Kab/Kota di Provinsi Aceh.

ā€œDalam waktu dekat ini, kami berencana untuk memulai kegiatan dengan melibatkan peserta dari Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar. Selanjutnya akan merambah ke Kab/Kota lain secara bertahap. Kami sangat memerlukan peran serta dan bantuan dari semua pihak terutama dinas terkait dan pengurus Igornas di Kab/Kota agar rencana kegiatan dari ini dapat terlaksana dengan baik .ā€ Imbuhnya.

Sementara itu ditempat terpisah, Zulkifli, S.Ag.,M.Pd selaku Kabid Penmad Kanwil Kemenag Provinsi Aceh merasa terbantu dengan adanya kegiatan TOT SKJ yang akan dilaksanakan oleh Igornas karena dapat meningkatkan mutu dan kompetensi guru khususnya guru PJOK dibawah naungan Kanwil Kemenag Provinsi Aceh.

ā€œPelatihan ini penting mengingat Senam SKJ merupakan olahraga yang keberadaannya mampu memotivasi siswa untuk aktif dalam berolahraga nantinya. Dengan adanya kegiatan ini, kami juga sangat terbantu karena Igornas sebagai mitra bisa membantu dalam memberikan pelatihan bagi guru PJOK dibawah naungan Kemenag. Nantinya, kami akan membantu pula dalam memberikan rekomendasi agar Madrasah dapat mengirimkan pesertanya untuk mengikuti kegiatan ini.ā€ Ujar Zulkifli.

Ketua Umum Igornas Provinsi Aceh, Muhammad Iqbal menambahkan bahwa rencana kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan TOT SKJ Pelajar yang telah dilaksanakan oleh Kemenpora RI secara nasional dan diikuti oleh peserta perwakilan dari Igornas masing-masing provinsi di Jakarta pada 15-17 Maret 2022. Hal ini disampaikan kepada sekretaris Dispora Provinsi Aceh, T. Banta Nuzullah, S. Pd.

ā€œSaya secara pribadi senang Igornas berkunjung ke Dispora Provinsi Aceh, disini juga merupakan rumah bagi semua insan olahraga termasuk Igornas. Saya telah mendengar pemaparan terkait apa itu Igornas, siapa saja yang bisa menjadi anggotanya, serta tupoksi dan rencana kegiatan dari Igornas. Saya memberikan masukan agar adik-adik dari Igornas ini mampu memberikan dampak yang baik dalam bidang olahraga nantinya. Apalagi dalam waktu dekat ini kita akan menjadi tuan rumah PON 2024, tentunya kita akan memerlukan sumber daya olahraga yang sangat banyak dan guru-guru PJOK ini nantinya akan menjadi bagian dalam Event akbar tersebut.ā€ kata T. Banta Nuzullah usai menerima kunjungan dari Igornas Provinsi Aceh.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads