1976 Peserta Ikut Tes PMB Lokal UIN Ar-Raniry

Sebanyak 1.976 peserta mengikuti ujian seleksi melalui jalur Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Lokal Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh.

Ujian tersebut berlangsung selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 18-20 Juli 2022 yang dilaksanakan secara online melalui aplikasi Sistem Seleksi Elektronik (SSE) dipusatkan di Laboratorium PTIPD dan Laboratorium Prodi Pendidikan Teknologi Informasi FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Kepala Bagian Akademik Biro AAKK UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Fadhli SAg MPd menjelaskan bahwa tercatat pendaftar UIN Ar-Raniry melalui jalur PMB Lokal tahun 2022 berjumlah 1.976 peserta yang terdiri dari IPA sebanyak 263 orang, IPS 956 orang dan 757 orang memilih IPC.

“Ujian dilaksanakan secara online dengan mengadopsi aplikasi SSE UMPTKIN Kemenag RI, termasuk soal. Sementara peserta melaksanakan ujian di lokasi masing-masing,” kata Fadhli dalam keterangan tertulis, Senin (18/7/2022).

Selain itu, kata Fadhli bagi peserta yang gagal mengikuti PMB lokal tahun ini dengan alasan tertentu atau apabila ada kendala dalam pelaksanaan ujian segera melakukan pengaduan ke sapa.um-ptkin.ac.id atau nomor call center yang tertera di kartu ujian, untuk dapat mengikuti ujian susulan di tanggal 20 Juli 2022.

Selanjutnya, kata Fadhli panitia akan melakukan verifikasi kendala atau masalah yang dihadapi dan akan dikonfirmasi kembali oleh panitia melalui aplikasi pendaftaran. Untuk itu diharapkan kepada peserta yang telah melaporkan kepada panitia agar dapat login kembali dengan akun masing-masing pada hari Selasa, tanggal 19 Juli 2022 untuk memastikan nama-nama yang dinyatakan dapat mengikuti ujian susulan.

“Ujian susulan PMB lokal ini akan dilaksanakan pada Rabu, 20 Juli 2022 pukul 14.00 WIB sampai selesai, dan hasil kelulusan akan diumumkan serentak pada tanggal 28 Juli 2022 pukul 17.00 WIB,”kata Fadhli dalam keterangan tertulis, Senin (18/7/2022).

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembangaan UIN Ar-Raniry, Prof Dr H Gunawan MA PhD menjelaskan bahwa tahun ini UIN Ar-Raniry menerima 5.140 mahasiswa baru. Mereka diterima melalui lima jalur yaitu SNMPTN, SPAN-PTKIN, SBMPTN, UM-PTKIN dan PMB Lokal.

“Tahun ini UIN Ar-Raniry menerima sekitar 5140 orang calon mahasiswa melalui seleksi nasional dan mandiri. Jalur PMB Lokal yang merupakan seleksi terakhir mendapat kuota sekitar 30 persen atau sekitar 1.350 orang dari jumlah keseluruhan yang diterima,”kata Gunawan di sela-sela monitoring yang diturut didampingi Kepala Biro AUPK, Drs H Ibnu Sa’dan MPd.

Lebih lanjut, Gunawan menjelaskan bahwa pada PMB Lokal tahun 2022, Program Studi dengan peminat terbanyak masing-masing Teknologi Informasi, Ekonomi Syari’ah, Psikologi, Ilmu Hukum dan Perbankan Syariah, Hukum Ekonomi Syari’ah, Arsitektur, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dan Bimbingan Konseling.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads