Kasus Covid-19 Aceh Tambah 196 Orang, Lima Meninggal Dunia

Jubir Covid Aceh Saiful Abdul Gani

Kasus harian Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Aceh bertambah lagi 196 orang, dalam waktu 24 jam terakhir. Lima orang dilaporkan meninggal dunia. Sementara itu, pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 73, dan 2.059 orang lainnya masih dalam perawatan rumah sakit atau melakukan isolasi mandiri.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani kepada awak media massa di Banda Aceh, Selasa (8/3/2022).

“Pidie paling banyak melaporkan penambahan kasus harian baru, mencapai 40 orang,” kata pria yang akrab disapa SAG itu.

Ia menguraikan, selain 40 warga Pidie merupakan pasien baru Covid-19, virus corona juga menyerang warga Banda Aceh sebanyak 30 orang, Aceh Besar 26 orang, Aceh Tamiang 22 orang, Bireuen 16 orang, Aceh Tengah 12 orang, warga Lhokseumawe dan Aceh Barat sama-sama tujuh orang.

Kemudian warga Langsa sebanyak enam orang, Gayo Lues lima orang, warga Pidie Jaya, Sabang, dan Simeulue, masing-masing empat orang. Kemudian warga Aceh Utara dan Aceh Singkil sama-sama tiga orang. Selanjutnya warga Aceh Timur, Bener Meriah, dan Aceh Jaya, masing-masing melaporkan dua orang. Satu lagi warga Nagan Raya.

Sementara itu, pasien yang dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir meliputi warga Banda Aceh 29 orang, Pidie 15 orang, Nagan Raya delapan orang, Sabang enam orang, Gayo Lues lima orang, Aceh Tamiang empat orang, Langsa tiga orang, Aceh Tengah dua orang, dan satu orang warga Bener Meriah.

Kemudian SAG juga mengabarkan berita duka. Lima warga Aceh dilaporkan meninggal dunia hari ini, yakni warga Langsa dan Banda Aceh sama-sama dua orang, dan satu orang warga Aceh Tengah.

Menurut SAG, tingginya kasus konfirmasi harian tidak terlepas dari penerapan protokol kesehatan yang kian longgar di masyarakat. Di tempat-tempat umum terlihat banyak yang tidak memakai masker dan menjaga jarak. Selain itu, cakupan vaksinasi dosis kedua masih relatif rendah, baru 51,5% per tanggal 7 Maret 2022.

“Vaksinasi dosis pertama mesti dilanjutkan dengan vaksinasi dosis kedua supaya terbentuk imunitas tubuh yang optimal dan kebal terhadap serangan virus corona,” katanya

Kasus kumulatif

Selanjutnya, seperti biasa, SAG melaporkan kasus kumulatif Covid-19 di Aceh hingga tanggal 8 Maret 2022. Total kasus sudah mencapai 41.718 orang. Pasien yang sembuh atau penyintas Covid-19 di Aceh sebanyak 37.549 orang. Sedangkan kasus meninggal dunia 2.110 orang, sejak Pandemi Covid-19 melanda Aceh akhir Maret 2020 lalu.

“Kasus akumulatif di atas sudah terhitung kasus terbaru yang terkonfirmasi positif Covid-19 dalam hari ini sebanyak 196 orang, sembuh 73 orang, dan lima orang yang dilaporkan meninggal dunia,” simpul SAG.