UIN Ar-Raniry Serahkan Rekomendasi ICIS ke Wapres KH Ma’ruf Amin

Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh menyerahkan rekomendasi akademik kepada Wakil Presiden RI, Prof Dr KH Ma’ruf Amin pada pertemuan yang dilaksanakan di ruang Gubernur Aceh, Selasa (16/11/2021).

Dekan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Dr Fauzi Ismail MSi menjelaskan bahwa rekomendasi tersebut merupakan hasil kegiatan International Conference on Islamic Studies (ICIS) Tahun 2021 yang mengusung tema “Islam and Sustainable Development” yang dilaksanakan pada tanggal 4-5 Oktober 2021 lalu secara virtual.

“Rekomendasi akademik yang diserahkan kepada Bapak Wapres RI KH Ma’ruf Amin merupakan hasil konferensi internasional ICIS tahun 2021 yang dilaksanakan beberapa bulan lalu yang dirumuskan oleh tim perumus berdasarkan masukan dan pandangan dari para narasumber salah satunya adalah Bapak Wakil Presiden RI,”kata Fauzi usai menyerahkan rekomendasi akademik, Selasa (16/11) di ruang gubernur Aceh.

Salah satu poin penting dalam rekomendasi tersebut adalah membumikan ekonomi syariah sebagai pilar pembangunan secara berkelanjutan untuk menyongsong pembangunan Negara dalam suatu kebijakan khusus tentang ekonomi syariah dan turut melibatkan Perguruan Tinggi Keagamaan dalam pembangunan serta pengoptimalan implementasi Ekonomi Syariah di Indonesia.

“Kita berharap 13 rekomendasi akademik yang dihasilkan dalam konferensi tahunan ICIS ini dapat menjadi acuan kebijakan bagi Pemerintah dalam konteks Islam dan pembangunan berkelanjutan,”kata Fauzi.

Dalam pertemuan tersebut, turut juga diberikan penghargaan kepada Wakil Presiden Ma’ruf Amin sebagai Bapak Pelopor Ekonomi Syariah Indonesia dari Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh yang diserahkan langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Dr Drs Gunawan Adnan MA PhD sebagai salah satu hasil rekomendasi tertulis dari konferensi tahunan ICIS 2021.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyampaikan apresiasi kepada UIN Ar-Raniry Banda Aceh atas penghargaan yang diberikan kepadanya.

Ia mengungkapkan bahwa keberhasilan pengembangan ekosistem ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia dapat berhasil atas kerja sama dan kolaborasi seluruh pihak terkait, termasuk masyarakat.

Oleh karena itu, Wapres berpesan agar keberhasilan keberhasilan yang telah dicapai saat ini dapat dipertahankan dan dikembangkan lebih baik lagi ke depannya.

Acara pemberian gelar tersebut juga dihadiri oleh Dekan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Fauzi, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry Abdul Manan, Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan UIN Ar-Raniry Zubaidah, dan dari unsur panitia pelaksana ICIS 2021 hadir Rahmad Syah Putra, Arkin dan staf humas UIN Ar-Raniry.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads