Siswa dan Orang Tua Dukung Vaksinasi di Lingkungan Sekolah

Siswa dan orang tua di sejumlah sekolah dalam Kota Banda Aceh mendukung pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di lingkungan sekolah.

Mereka berharap pembelajaran tatap muka dapat segera digelar kembali seperti sedia kala.

Hal tersebut mengemuka saat Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh, Taqwallah, berkunjung ke sejumlah sekolah dalam Kota Banda Aceh untuk melihat langsung pelaksanaan vaksinasi siswa, Rabu, (29/9/2021).

Sekda Aceh datang bersama Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Alhudri dan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Muhammad Iswanto. Adapun sejumlah sekolah di Kota Banda Aceh yang dikunjunginya itu adalah SMPN 6, SMPN 2, SMPN 7, MTsn 3, dan SMA 1 Banda Aceh.

Shayra Kamilia Fathi, siswi kelas 3 SMP 6 Kota Banda Aceh, mengaku mengikuti vaksin setelah mendapat pemahaman dari gurunya. Ia pun jadi tahu manfaat vaksin di tengah wabah Covid-19 yang sedang melanda.

“Kalau kekebalan kelompok sudah terbentuk kita sudah bisa berkumpul ramai-ramai lagi, sekolah pun bisa kembali ramai seperti dulu,” ujar Shayra saat mengikuti vaksinasi yang digelar di sekolahnya, Rabu, 29/9/2021.

Fatih Razan Bardia, siswa SMP 2 Kota Banda Aceh, usai menerima suntikan vaksin Covid-19 mengatakan, tidak ada rasa sakit apapun yang ia rasakan pasca vaksin. Ingin terasa aman dari serangan virus corona menjadi motivasi dirinya mengikuti vaksinasi. Ia pun mengajak siswa lainnya untuk segera ikut menerima suntikan vaksin.

“Ikut vaksin ini sudah diizinkan orangtua,” kata Fatih.

Disamping antusias siswa, wali murid pun ikut mendukung anaknya mengikuti vaksinasi. Ridwan Iriadi, salah satu wali murid siswa SMP 2 Banda Aceh mengatakan, dirinya sama sekali tidak merasa takut anaknya menerima suntikan vaksin.

Berdasarkan pemahaman yang ia dapatkan vaksin berfungsi untuk melindungi diri dari penyakit covid-19.

“Program pemerintah yang baik tentu harus kita dukung,” kata Ridwan.

Nirbaya, wali murid siswa SMP 7 Banda Aceh, berharap vaksinasi siswa dapat berjalan lancar dan pembelajaran tatap muka kembali bisa digelar.

Ia mengatakan, vaksin Covid-19 bermanfaat untuk melindungi diri dan orang lain dari penularan virus corona.

Sementara itu, Sekda Aceh, Taqwallah, dalam setiap kesempatan kunjungannya di sejumlah sekolah tersebut, menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada tim vaksinator puskesmas maupun TNI yang hadir di sekolah. Ia juga mengapresiasi kerja keras kepala sekolah dan wali kelas yang terus meyakinkan siswa agar vaksinasi di lingkungan sekolah berjalan sukses.

Taqwallah juga menyemangati para siswa yang mengikuti vaksinasi Covid-19. Ia berharap pembelajaran tatap muka dapat digelar kembali secara sempurna setelah seluruh siswa maupun santri divaksin.

“Wali kelas harus mendampingi muridnya yang sedang divaksin, mereka butuh dukungan agar tidak merasa takut,” ujar Taqwallah.

Pada kesempatan tersebut, Sekda menyempatkan diri untuk berdialog langsung dengan tim vaksinator, pendidik dan peserta didik di sekolah. Saat berdialog Sekda meminta kepala sekolah menyampaikan progres dan update capaian vaksin siswanya. 

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads