Calon Mahasiswa Diingatkan Agar Kenali Potensi Diri Sebelum Memilih Prodi

Wakil Rektor bidang Akademik dan Kelembagaan Universitas Islam Negeri Banda Aceh, Dr. H. Gunawan Adnan, MA., Ph.D mengingatkan kepada para calon mahasiswa yang akan mengikuti seleksi masuk Perguruan Tinggi, agar mengenali potensi diri masing-masing sebelum memilih program studi pada perguruan tinggi.

Hal itu disampaikan Warek I UIN Ar-Raniry, Gunawan saat melakukan sosialisasi masuk perguruan tinggi tahun 2021, Selasa (23/3/2021) di MAN 1 Kutacane, Aceh Tenggara.

Menurutnya, banyak calon mahasiswa yang masuk kuliah, namun pilihannya belum sesuai dengan petensi yang dimiliki masing-masing.

Untuk itu, Dr. Gunawan mengingatkan kepada para calon mahasiswa agar tidak salah memilih program studi, perlu diperhatikan beberapa tips sebelum mendaftar, pertama harus kenali potensi diri yang dimiliki sebelum menentukan prodi yang diinginkan, sehingga dapat menemukan prodi yang cocok dengan potensi yang dimiliki.

“Proses mengenali diri salah satu hal terpenting dalam memulai sesuatu, termasuk saat menentukan prodi pada perguruan tinggi saat mendaftar kuliah, dengan mengenali potensi diri dan kopetensi maka akan menemukan prodi yang tepat sesuai dengan bakat dan minat masing-masing,” ujarnya.

Gunawan Adnan juga mengajak kepada para generasi penerus bangsa yang telah menyelesaikan studinya di tingkat Madrasah atau SLTA agar semakin semangat dalam menuntut ilmu, sebab masa depan masing-masing kita harus ditentukan hari ini.

Ia menjelaskan, zaman semakin hari terus berkembang, apalagi saat ini telah sampai pada masa revolusi industry 4.0, dimana teknologi informasi dan komunikasi dimanfaat sepenuhnya yang berbasis digital, ini disebut dengan konsep automatisasi yang dilakukan oleh mesin tanpa memerlukan tenaga manusia.

“Ke depan persaingan semakin ketat, bukan hanya sesama manusia, namun kita harus bersaingan berbagai kecanggihan mesin yang akan mengalahkan kemampuan kerja manusia, sehingga tenaga manusia akan semakin kurang diperlukan di masa akan datang,” kata dia.

Menyambut perkembangan zaman di era revolusi industry 4.0, UIN Ar-Raniry Banda Aceh terus melakukan pengembangan mutu di kampus, hingga saat ini di UIN Ar-Raniry ada 43 program studi, baik bidang keagamaan, kependidikan serta sain dan teknologi, dapat dipilih sesuai dengan potensi yang dimiliki masing-masing.

Warek I, Gunawan Adnan menjelaskan bahwa UIN Ar-Raniry merupakan salah satu PTKIN yang biaya kuliahnya atau uang kuliah tunggal (UKT) sangat murah, mulai dari 400 ribu hingga tiga jutaa, mahasiswa UIN Ar-Raniry akan mendapatkan keringanan UKT sesuai dengan kemampuan pembiaya kuliah dengan ketentuan yang berlaku.

Gunawan menambahkan, tim UIN Ar-Raniry terus melakukan sosialisasi ke sekolah/madrasah untuk memberikan semangat kepada siswa agar mereka memiliki semangat tinggi dalam menuntut ilmu, sosialisasi dilakukan dibeberapa titik, antara lain Ma’had Ali Al-Munawarah Kuta Krueng Pidie Jaya, MAN 1 dan Dayah Raudhatul Jihad Blangkejren Gayo Lues serta MAN 1 dan SMK 1 Kutacane Aceh Tenggara.

Sementara itu, Warek II UIN Ar-Raniry, Dr. Syabuddin, M.Ag yang memimpin tim sosialisasi di wilayah Aceh Utara mengatakan, bahwa pihaknya juga mengunjungio beberapa sekolah/madrasah untuk memberikan motivasi kepada calon mahasiswa dalam memilih prodi yang tepat sesuai dengan petensi yang dimiliki masing-masing, di antaranya MAN 1 Aceh Utara, MAS Al-Muslimun.

Ia juga menegaskan, bahwa UIN Ar-Raniry selain memberikan keringanan uang kuliah juga menyediakan beasiswa kepada mahasiswa, sesuai dengan ketentuan masing-masing, antara lain KIP-Kuliah, Bank Indonesia, Baznas, Baitul Mal, Laziz PLN Pusat, BPSDM, beasiswa amal shaleh dan dari Bank Mitra UIN Ar-Raniry.

Pendaftaran melalui Lima Jalur

Kepala Bagian Akademik UIN Ar-Raniry, Fadhli, M.Pd menyebutkan, pada tahun 2021 UIN Ar-Raniry kembali membuka pendaftaran calon mahasiswa baru sebagai mana biasanya, yakni melalui lima jalur baik nasional maupun lokal.

Ia menjelaskan, lima jalur tersebut, yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) ini kepanitiaannya dibawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, selanjutnya jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) dan Sistem Seleksi Elektronik Ujian Masuk Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (SSE-UMPTKIN), ini juga dilakukan serentak secara nasional dibawah naungan Kementerian Agama RI, dan yang terakhir UIN Ar-Raniry juga membuka jalur PMB Lokal.

Fadhli mengungkapkan, untuk beberapa jalur masuk perguruan tinggi saat ini telah dan sedang berlangsung, namun bagi yang ingin masuk ke UIN Ar-Raniry masih ada kesempatan melalui tiga jalur masuk lainnya, jalur SPAN-PTKIN yang pendaftarannya mulai 19 Februari – 27 Maret 2021, jalur UM PTKIN pendaftarannya dibuka pada 1 – 30 April 2021 melalui https://um-ptkin.ac.id, dan jalur mandiri PMB Lokal pendaftaran dibuka pada 24 Mei – 30 Juni 2021 mendatang melalui https://pendaftaran.ar-raniry.ac.id/daftar.

“Kami hadir ke beberapa sekolah dan madrasah untuk memberikan motivasi dan sosialisasi secara langsung bagaimana menentukan pilihan pada program studi yang sesuai potensi yang dimiliki oleh masing-masing calon mahasiswa,” ujarnya.