Tren Kesembuhan Corona di 13 Provinsi Prioritas Meningkat Kecuali Papua

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 mengungkapkan kabar baik dalam penanganan virus Corona di Indonesia. Tren kesembuhan pasien Corona di seluruh provinsi prioritas mengalami peningkatan, kecuali Papua.

“Secara umum, seluruh provinsi prioritas cenderung terus mengalami peningkatan kasus kesembuhan, kecuali Papua,” kata Jubir Satgas Penanganan COVID-19, Prof Wiku Adisasmito dalam jumpa pers yang disiarkan akun YouTube BNPB Indonesia, Kamis (5/11/2020).

13 provinsi prioritas itu adalah Sumatera Utara, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Papua, Bali, Aceh, Sumatera Barat, Riau, dan Kalimantan Timur. Sulawesi Selatan menjadi provinsi dengan tingkatan kesembuhan pasien Corona tertinggi.

“Tren peningkatan kesembuhan tertinggi berada di Sulawesi Selatan dari yang sebelumnya 74,06% pada tanggal 27 September, menjadi 90,09% pada tanggal 1 November, ini adalah peningkatan cukup tinggi,” ujar Wiku.

Selain Sulawesi Selatan, provinsi lainnya dengan tren bagus kesembuhan pasien Corona adalah Sumatera Utara. Tingkat kesembuhan pasien Corona di provinsi prioritas ini diukur sejak akhir September lalu.

“Selain itu juga ada Sumatera Utara yang sebelumnya 64,19% pada 27 September, menjadi 81,66% pada 1 November, ini juga peningkatan yang cukup tinggi,” ucapnya.

Tren positif soal kesembuhan pasien Corona kurang diikuti di Indonesia timur. Satgas COVID-19 menyoroti penanganan pasien Corona di Papua.

Tingkat kematian di Papua cukup tinggi, khususnya di Kota Jayapura. Sejak akhir September, tingkat kesembuhan pasien Corona di Papua justru cenderung menurun, dan dibutuhkan perhatian.

“Namun, perhatian perlu diberikan pada provinsi Papua, terutama Kota Jayapura, dengan kematian tertinggi di Provinsi Papua. Pada tanggal 27 September, persentase kesembuhan di Papua adalah 62,8%, namun pada 1 November, menjadi 51,1%,” sebut Wiku.

“Dimohon kepada seluruh provinsi untuk dapat terus mempertahankan, bahkan meningkatkan kesembuhan hingga 100%. Bagi provinsi yang masih menunjukkan tren penurunan kesembuhan, mohon benar-benar ditingkatkan pelayanan kesehatannya,” imbuh Wiku. Detik

#satgascovid19#ingatpesanibu#ingatpesanibupakaimasker#ingatpesanibujagajarak#ingatpesanibucucitangan#pakaimasker#jagajarak#jagajarakhindarikerumunan#cucitangan*#cucitangandengansabun