Kematian Corona di 6 Provinsi Prioritas Meningkat, Papua Tertinggi

Satgas Penanganan COVID-19 mengatakan saat ini ada provinsi yang menjadi prioritas penanganan COVID mengalami penambahan jumlah. Kini ada 13 provinsi yang menjadi prioritas pemerintah.

“Saya sampaikan perkembangan kasus COVID di 13 provinsi prioritas. Awalnya pemerintah meletakkan fokus di 10 provinsi dan sesuai dengan perkembangan waktu dan kondisi dan jumlah provinsi yang jadi perhatian bertambah. Prioritas ini dilihat dari beberapa aspek mulai jumlah kasus aktif, jumlah kesembuhan dan kematian,” kata juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito dalam siaran di Youtube BNPB, Kamis (5/11/2020).

13 provinsi prioritas itu adalah Sumatera Utara, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Papua, Bali, Aceh, Sumatera Barat, Riau, dan Kalimantan Timur. Dalam pekan ini Sumatera Utara dan Papua mengalami kenaikan jumlah kasus positif dan jumlah kematian.

“Dilihat dari jumlah kasus positif dan kematian Sumatera Utara dan Papua sama-sama mengalami kenaikan,” ujarnya.

Ia mengatakan jumlah kasus positif di Sumatera Utara mengalami kenaikan 2,9 persen sedangkan kematiannya mengalami kenaikan 17,6 persen. Lalu di Papua, ia mengatakan jumlah kasus positif naik 8,2 persen, sedangkan kasus kematian naik hingga 350 persen.

“Untuk Papua jumlah kasus positifnya mengalami kenaikan 8,2 persen dari pekan sebelumnya sedangkan jumlah kematiannya mengalami kenaikan sampai 350 persen dari pekan sebelumnya. Ini angka yang cukup mengkhawatirkan,” ujarnya.

Menurut Wiku, meski ada kenaikan kasus positif di 3 provinsi prioritas yakni Sumatera Utara, Sumatera Barat dan Papua namun angkanya masih di bawah 10 persen. Namun, ia mengatakan hal yang lebih memprihatinkan ialah terkait angka jumlah kematian. Ia menyebut ada 6 provinsi yang angka jumlah kematian meningkat di minggu ini.

“Dimohon provinsi yang minggu ini mengalami kenaikan untuk dapat diperhatikan kualitas penanganan pasien, upayakan penanganan sejak dini,” tuturnya.

Berikut daftar 6 provinsi prioritas yang mengalami kenaikan angka kematian:

-Papua naik 350%
-Sulawesi Selatan naik 120 %
-Kaltim naik 27,3%
-Sumatera Utara naik 17,6%
-Aceh naik 5,6%
-Sumatera Barat naik 2,7%

#satgascovid19#ingatpesanibu#ingatpesanibupakaimasker#ingatpesanibujagajarak#ingatpesanibucucitangan#pakaimasker#jagajarak#jagajarakhindarikerumunan#cucitangan*#cucitangandengansabun