Selama Sepekan, Penambahan Kasus Corona di Aceh Paling Banyak

Tim Satgas Penanganan COVID-19 menyampaikan perkembangan data 10 provinsi prioritas penanganan virus Corona (COVID-19). Dari 10 provinsi tersebut, Aceh masuk provinsi prioritas dengan penambahan kasus terbanyak selama sepekan.

“Di awal-awal, bagian paling depan, DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, dan Kalimantan Selatan paling tertinggi secara kumulatif, dari awal sampai sekarang. Lompat juga di Bali, Papua, dari awal sudah masuk delapan provinsi prioritas,” ucap Kepala Bidang Data dan Teknologi Satgas Penanganan COVID-19 Dewi Nur Aisyah dalam diskusi ‘COVID-19 dalam Angka’ di akun YouTube BNPB, Rabu (7/10/2020).

“Kemudian terakhir kita tambahkan satu provinsi, Aceh, karena penambahan kasus cukup signifikan dibandingkan pekan sebelumnya. Sumbangsih (provinsi prioritas) ke kasus nasional 75,64 persen,” ujarnya.

Dari data yang dipaparkan Dewi, pada 28 sampai 4 Oktober 2020 atau selama satu pekan, ada kenaikan dan penurunan kasus. Kenaikan kasus terjadi di Jawa Tengah, Papua, Bali, dan Aceh. Aceh menjadi provinsi dengan kenaikan tertinggi, dengan kenaikan 12,2 persen.

“Aceh, kita lihat beberapa pekan terakhir, masih ada kenaikan, terutama di bulan September, sempat turun, dua pekan lalu sempat turun, kemudian pekan terakhir naik lagi,” ujar Dewi.

Sementara itu, provinsi dengan penurunan kasus selama sepekan adalah Sumatera Utara, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Selatan. Data penurunan terbanyak terjadi di Sulawesi Selatan dengan -30,1 persen.

“Sulawesi Selatan, tren cukup baik, peningkatan (penurunan kasus) signifikan di 30,1 persen, kalau kita lihat kurva, konsisten di tiga pekan terakhir turun, turun, turun, ini sangat baik,” ucapnya.

Berikut perbandingan jumlah kasus 21-27 September dengan 28 September hingga 4 Oktober di 10 provinsi penanganan prioritas:

– Sumatera Utara: penurunan -3,9%
– DKI Jakarta: penurunan -0,8%
– Jawa Barat: penurunan -28,5%
– Jawa Tengah: Kenaikan +1,3%
– Jawa Timur: penurunan -8,0%
– Kalimantan Selatan: penurunan -30,1%
– Sulawesi Selatan: penurunan -30,1%
– Papua: kenaikan +2,4%
– Bali: kenaikan +6,3%
-Aceh: kenaikan +12,2%

detik

#satgascovid19#ingatpesanibu#ingatpesanibupakaimasker#ingatpesanibujagajarak#ingatpesanibucucitangan#pakaimasker#jagajarak#jagajarakhindarikerumunan#cucitangan*#cucitangandengansabun