Kematian Pasien Corona di Aceh Naik 85%, RSUZA Ungkap Faktor Penyebab

Satgas Penanganan COVID-19 menyebut angka kematian akibat Corona di Aceh melonjak 85 persen dalam sepekan terakhir. Rumah Sakit Umum Zainal Abidin (RSUZA), Aceh, mengakui tingginya angka kematian di Tanah Rencong.

“Faktanya, angka kematian Aceh memang tinggi, kita tidak memahami apa penyebabnya angka kematian yang tinggi di Aceh,” kata Direktur RSUZA dr Azharuddin saat dimintai konfirmasi, Rabu (7/10/2020).

Dia menyebut ada beberapa faktor yang berperan menyebabkan kematian, di antaranya parahnya kondisi pasien saat dirujuk ke rumah sakit (RS). Akibatnya, upaya optimal yang dilakukan RS kadang tidak membuahkan hasil dan berakhir dengan kematian.

Faktor lain adalah keterlambatan pasien berobat sehingga, ketika tiba di rumah sakit, kondisinya sudah parah. Azharuddin menilai warga enggan berobat karena takut pada Corona.

“Masyarakat menganggap, kalau ke RS, banyak dilakukan pemeriksaan yang lebih ketat dan detail. Dalam hal ini benar, upaya itu dilakukan agar ketika ke RS pasien tidak tercampur antara yang positif COVID atau negatif,” jelas Azharuddin

Pemeriksaan ketat tersebut dilakukan untuk keamanan sesama pasien, tenaga kesehatan, serta keluarga dan masyarakat. Azharuddin menyebut pasien yang meninggal di Aceh kebanyakan memiliki penyakit penyerta (komorbid).

“Rata-rata meninggal karena ada komorbid,” ujar Azharuddin.

Azharuddin mengungkapkan RSUZA saat ini masih kekurangan alat kesehatan, seperti alat bantu napas khusus (high flow nasal cannula/HFNC). Idealnya, alat itu harus tersedia di RS minimal 20 unit.

Berikut persentase perbandingan jumlah kematian periode 21-27 September dibanding periode 28 September-4 Oktober di 10 provinsi prioritas:

– Sumatera Utara: sama (tidak ada perubahan)
– DKI Jakarta: penurunan -52%
– Jawa Barat: kenaikan +29,0%
– Jawa Tengah: penurunan -57,4%
– Jawa Timur: kenaikan +5,9%
– Kalimantan Selatan: kenaikan +25%
– Sulawesi Selatan: penurunan -46.2%
– Papua: kenaikan +187,5%
– Bali: penurunan -2,6%
– Aceh: kenaikan +85%

detik

#satgascovid19#ingatpesanibu#ingatpesanibupakaimasker#ingatpesanibujagajarak#ingatpesanibucucitangan#pakaimasker#jagajarak#jagajarakhindarikerumunan#cucitangan*#cucitangandengansabun

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads