Lagi, 12 Nelayan Aceh Ditangkap di India karena Tak Tahu Batas Negara

0
100
Suasana pelabuhan Lampulo Banda Aceh

Sebanyak 12 nelayan yang berangkat melaut dari Pelabuhan Lampulo, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh, ditangkap kapal patroli Angkatan Laut India. Mereka tidak sadar berada di negara lain karena tidak tahu batas wilayah.

“Mereka ditangkap tanggal 3 Maret kemarin. Lokasinya sekitar 55 mil dari daratan Pulau Nikobar, India,” kata Wakil Sekjen Panglima Laot Aceh Miftach Cut Adek kepada wartawan, Selasa (10/3/2020).

Para nelayan tersebut melaut untuk menangkap ikan pelagis kecil menggunakan kapal berukuran 59 GT. Kapal yang dinakhodai Afdal berangkat melaut menggunakan alat tangkap pukat cincin.

Ketika tengah melaut, mereka didekati kapal Angkatan Laut India. Petugas India sempat menembak peringatan agar ke-12 nelayan tersebut menyerah.

“Pada pukul 18.00 WIB nakhoda Afdal mengatakan mereka sudah ditangkap dengan cara kapal patroli India menurunkan sekoci mereka,” jelas Miftach.

Setelah ditangkap, mereka dibawa ke Andaman untuk menjalani pemeriksaan. Mereka akan diadili di pengadilan perikanan di Andaman India.

“Mereka ditangkap karena tidak tahu batas laut antara Indonesia dan India. Belum ada info tentang ini (pakai alat navigasi atau tidak). Tapi, kalaupun ada, mereka tidak tahu titik perbatasan India-Indonesia. Bukan seperti darat ada tandanya,” sebut Miftach. detik

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.