Kemenag Aceh Bekali Ilmu Jurnalistik Bagi 40 Siswa-siswi Madrasah

Kemenag Aceh Bekali Ilmu Jurnalistik Bagi 40 Siswa-siswi Madrasah/Inmas

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh kembali menggelar pelatihan jurnalistik bagi 40 siswa/siswi Madrasah Aliyah se Aceh Tahun 2019 selama tiga hari, mulai dari tanggal 31 Oktober s/d 2 November 2019.

Kakanwil Kemenag Aceh, Daud Pakeh saat membuka kegiatan mengatakan bahwa sebuah lembaga yang terbangun dengan maksimal tidak terlepas dari peran media, dan media itu ada karena adanya jurnalis, maka Kemenag Aceh terus melatih ilmu jurnalistik untuk para siswa agar menjadi duta informasi di madrasah masing masing.

“Dengan melatih jurnalis siswa madrasah, minimal mereka bisa menulis apa yang terjadi di lingkungan mereka, motivasi mereka terbangun untuk menulis, minimal di sekolah sendiri dan diharapkan ini terus dibina tanpa terputus.” ujar Kakanwil.

Selain itu ia mengatakan salah satu kunci keberhasilan seseorang adalah bagaimana dia berkomunikasi dengan baik dan mendokumentasikannya dengan baik juga.

“Kita sudah banyak melihat, orang yang pandai berkomunikasi lebih banyak berhasil. Salah satu caranya dengan menulis,” katanya.

Menurut kakanwil, menulis adalah alat berkomunikasi secara tertulis dan tidak langsung agar bisa menyampaikan sesuatu hal kepada pembaca.

“Tokoh-tokoh besar di negeri kita ini rata-rata menulis. Mereka meninggalkan hasil karya dan pikirannya dengan menulis. Kita juga harus bisa, dan dengan kegiatan seperti ini kalian akan bisa melakukannya,” tambah Daud Pakeh.

Di hadapan peserta dan tamu undangan, kakanwil juga berjanji akan memberikan reward kepada peserta terbaik hasil dari penilaian tim untuk dibawa pada kegiatan nasional.

“Ingat ya, siapa yang terbaik tahun depan akan mendampingi saya pada kegiatan nasional sebagai penulis berita. Ini sudah saya lakukan pada angkatan sebelumnya,” janji kakanwil.

Sebelumnya, ketua panitia kegiatan, Qadriyah, melaporkan, kegiatan tersebut akan berlangsung selama tiga hari, mulai 31 Oktober hingga 02 Nopember 2019.

Pemateri pada kegiatan tersebut akan diisi oleh jurnalis media ternama di Aceh dan fungsional pada sub bagian informasi dan humas Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh.

Peserta kegiatan adalah perwakilan siswa siswi madrasah aliyah dari 23 kabupaten/kota di Aceh dan tahun 2019 merupakan tahun keempat pembinaan jurnalistik bagi Siswa-siswi Madrasah dan merupakan salah satu prioritas Kakanwil Kemenag Aceh.