Ratusan Peserta Meriahkan Pawai Budaya Gayo Alas

Pawai Budaya

Ratusan peserta dari empat kabupaten memeriahkan pawai budaya Gayo Alas yang berlangsung di Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, Minggu (16/09/2018) pagi.

Pelepasan pawai berlangsung di Kantor Bupati Aceh Tengah dan Finish di Lapangan Musara Alun. Ribuan masyarakat setempat juga terlihat antusias menyaksikan pawai.

Para peserta yang berasal dari empat kabupaten di dataran Tinggi Gayo Alas masing-masing Aceh Tengah, Bener Meriah, Gayo Lues dan Aceh Tenggara, menggunakan bermacam ragam pakaian adat dari masing-masing daerah setempat.

Namun ada juga yang menggunakan pakaian dengan motif daun kopi, biji kopi, kertas Koran, kantong kresek, serta juga ada peserta yang menunggangi kuda.

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh yang juga Koordinator Kegiatan GAMI Festival 2018, Rahmadhani menyebutkan kegiatan pawai itu merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Gayo Alas Mountain International Festival (GAMIFest) 2018.

GAMI Festival 2018 digelar untuk mendorong percepatan pembangunan kawasan di poros tengah yakni dataran tinggi Gayo uang meliputi empat kabupaten seperti Aceh Tengah, Bener Meriah, Gayo Lues dan Aceh Tenggara. Kegiatan bertema “The Power of Nature” ini dimulai 14 September hingga 24 November mendatang

Ada pun ragam atraksi yang akan ditampilkan tersebut meliputi Destination Photo Contest, Opening Ceremony, Tarian Massal, Pentas Wonderful Gayo Alas, Handicraft and Photo Expo, Coffee and Culinary Festival, Lomba Perahu Tradisional dan Jet Ski Exhibition.

Selanjutnya Paramotor Show, Camping 100 Tenda, Festival Panen Kopi, Expedisi Burni Telong, Takengon Rafting, Aceh Bike Cross Country, Gathering Pesona Indonesia, Pacu Kuda Tradisional, Aceh Trail Adventure, Festival Agara, Wisata Arung Jeuram, Pelatihan Pariwisata dan atraksi wisata menarik lainnya.