Plt Gubernur : Hormati Lansia

Senam Lansia

Pelaksana tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah mengajak seluruh masyarakat Aceh untuk menghotmati lansia, karena perintah untuk hormat kepada lansia adalah perintah dalam agama Islam.

“Dalam Islam, usia lansia harus kita hormati dan harus mendapat tempat istimewa, Kita harus menghormati orang tua,” ujar Nova Iriansyah pada kegiatan Hari Lanjut Usia Nasional (HULN) 2018 dengan tema “Lansia Sejahtera, Masyarakat Bahagia” yang digelar di area Banda Aceh Car Free Day, Minggu (16/9/2018)pagi.

Nova Iriansyah juga mengajak semua pihak agar dapat meningkatkan layanan bagi para lansia agar mereka dapat hidup bahagia dan dapat melaksanakan ibadah dengan berkualitas. Karena itu, katanya, bersamaan dengan momentum peringatan HLUN, Nova mengajak semua pihak untuk memberi perhatian lebih kepada lansia.

“Mari kita ciptakan lingkungan yang ramah bagi Lansia. Jangan abaikan peran serta pandangan Lansia dalam setiap pengambilan kebijakan atau keputusan di daerah ini,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Aceh, Alhudri, melalui Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Devi menyebutkan, peringatan HLUN 2018 tersebut untuk mewujudkan kesejahteraan lansia, dan untuk menunjukkan bahwa Pemerintah Aceh akan terus meningkatkan kesejahteraan hidup lansia, tentunya melalui sektor pembangunan sosial dan pembangunan kesehatan.

“Dengan acara ini kita juga ingin mengajak semua orang untuk mempersiapkan hari tua yang lebih baik, dan mengajak untuk memperhatikan bapak-ibu kita yang sudah lansia, karena kita nanti pada saatnya jika panjang umur kita juga akan memasuki usia lansia,”katanya.

Pembangunan Panti Regional

Pemerintah Aceh melalu Dinas Sosial Aceh berencana untuk membangun panti jompo di seluruh Aceh yang disebut sebagai panti regional, untuk meningkatkan kesejahteraan lansia terutama yang terlantar.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Aceh, Devi Riansyah menyebutkan Enam panti regional yang akan dibangun tersebut direncanakan di Kabupaten Pidie, Kabupaten Bireun, Kabupaten Aceh Tamiang, Kabupaten Bener Meriah, Kabupaten Aceh Barat Daya, dan Kabupaten Gayo Lues.

“Maka dengan adanya panti regional ini kita harapkan agar lansia nantinya tidak lagi terlantar, apalagi pantinya nanti bertaraf nasioanl,” punkas Devi.