Wagub Aceh: Toilet Terminal Bus Harus Dibenahi

Tinjau Toilet Terminal

Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengatakan, sebagai salah satu fasilitas umum, terminal bus harus menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi para penumpang dan masyarakat yang menggunakan jasa terminal.

Hal tersebut disampaikan Nova saat meninjau Terminal Bus tipe A Batoh, Banda Aceh, Rabu (14/02/2018). “Kita harus tetap mementingkan fungsi pelayanan publik dan menjaga kebersihan sehingga masyarakat merasa nyaman dan aman saat berada di terminal,” kata Nova.

Untuk itu kata Nova, perlu dilakukan desain ulang seperti tata ruang dan jalur keluar masuk bus serta kendaraan pribadi agar sesuai dengan pola transportasi modern.

Selain itu lanjut Nova, sarana dan prasarana seperti toilet, area parkir dan kebersihan kawasan terminal juga sangat penting untuk dibenahi.

“Jadi harus ada strategi dan skema tertentu agar terminal itu tidak terlihat angker, harus ada roadmap untuk menuju terminal yang aman dan nyaman,” kata Nova.

Nova berharap, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perubungan selaku pengelola Terminal Tipe A agar segera mengucurkan dana APBN untuk membenahi terminal bus tipe A Banda Aceh.

Sementara itu, Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Banda Aceh sudah mulai melakukan pembenahan terutama berkaitan dengan kebersihan

“Permasalahan yang paling utama adalah kebersihan, saat ini kita sudah mulai membenahinya termasuk terminal labi-labi dan L300,” kata Aminullah.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah Aceh, Heriyanto mengatakan, mulai tahun 2018 akan dilakukan pembenahan terhadap terminal bus tipe A Batoh.

“Alhamdulillah untuk terminal batoh sudah ada sedikit kucuran dana dari pusat untuk direhab kembali,” kata Heriyanto.

Usai melakukan pertemuan dengan Dinas terkait dan Pengelola terminal bus, Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah juga menyempatkan diri untuk meninjau kebersihan sejumlah toilet di terminal tipe A Batoh. Nova juga menyempatkan diri untuk menegur para pedagang dan penumpang yang sedang berada di terminal.