Banda Aceh Buka 9 Posko Informasi Selama Penas KTNA

Walikota Banda Aceh Illiza Sa’aduddn Djamal melaporkan kesiapan kota Banda Aceh untuk menyukseskan Pelaksanaan Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke XV yang dipusatkan di Stadion Harapan Bangsa Banda Aceh mulai tanggal 6 Mei-11 Mei 2017 mendatang.

Hal demikian disampaikan Walikota Banda Aceh itu pada rapat kesiapan pelaksanaan Penas KTNA ke XV di Aula Serbaguna Kantor Gubernur Aceh, Kamis (13/04). Rapat dipimpin Sekda Aceh Dermawan, turut dihadiri Gubernur Aceh Zaini Abdullah, Walikota Banda Aceh, Bupati Tamiang dan Aceh Besar.

Turut hadir mewakili Kapolda Aceh, Mewakili Pangdam Iskandar Muda dan mewakili Kepala Kejaksaan Tinggi Aceh, Ketua KTNA Aceh, PLN, PMI serta SKPA terkait lainnya.

Kepada Gubernur dan Sekda Aceh, Illiza menjelaskan Banda Aceh sudah menyiapkan tempat penampungan tamu di empat kecamatan, masing-masing Kecamatan Banda Raya, Jaya Baru, Lueng Bata dan Baiturrahman.

Awalnya kata Illiza, Pemko sudah mempersiapkan tempat penampungan untuk 50 ribu peserta, namun belakangan peserta yang hadir diperkirakan sekitar 35 ribu orang. “Kita juga akan memasang sejumlah lampu hias, sehingga Banda Aceh lebih indah dan nyaman bagi tamu-tamu kita,”ujarnya.

Sementara mengenai air PDAM yang kerap menimbulkan masalah, Walikota Banda Aceh itu juga menyanggupi untuk menjamin air PDAM normal selama pelaksanaan Penas KTNA di Aceh.

Selain itu menurut Illiza, Pemko Banda Aceh bersama warga Banda Aceh juga akan menggelar gotong royong massal sehingga tamu yang hadir ke Banda Aceh benar-benar nyaman.

Illiza mengatakan selama Penas berlangsung, pihaknya juga sudah meminta Puskesmas untuk menambah layanan kesehatan hingga sore, selanjutnya juga disiapkan Sembilan titik posko informasi.

Sebelumnya kata Illiza, Pemko juga sudah mengumpulkan pengemudi baik becak maupun taksi di Banda Aceh agar melayani tamu dengan baik serta tidak mengambil kesempatan, misalnya dnegan menaikkan tarif.

“Begitu juga kepada pihak hotel, restoran dan rumah makan, warung kopi, kita berharap untuk memberikan pelayanan yang terbaik, dan jangan memanfaatkan situasi,”ujarnya.

Pada kesempatan itu Bupati Aceh Tamiang dan perwakilan Bupati Aceh Besar juga menyatakan siap untuk menyukseskan Penas KTNA ke XV di Aceh.