Apa Karya Pertanyakan Uang 650 Milyar Jatah Kombatan

Calon gubernur Aceh nomor urut dua Zakaria Saman menanyakan uang jatah mantan kombatan GAM kepada calon gubernur Aceh Zaini Abdullah.

Zakaria Saman yang akrab disapa Apa Karya mengaku sebagai mantan kombatan GAM tidak menerima bantuan tersebut.

Pertanyaan itu diajukan oleh Zakaria Saman kepada gubernur Aceh periode 2012-2017 itu pada debat kandidat pilkada Aceh tahap II, Rabu (11/01).

Zakaria mengaku mendengar ada bantuan untuk mantan kombatan GAM sebanyak 600 Milyar, namun sebagai mantan GAM ia mengaku tidak menerima apapun.

Zakaria bahkan mempertanyakan apakah Doto Zaini mendapatkan fee dari uang tersebut.

”Meuah doto, lon GAM, Menteri Pertahanan, lon deungoe neupeugah na peng keu kamoe GAM, pat neukubah peng nyan? (Maaf doto, saya GAM dan Menteri Pertahanan, saya dengar ada bantuan 600 Milyar, dimana anda simpan uang tersebut),”tanya Zakaria

Menjawab pertanyaan itu Zaini Abdullah mengaku pemerintah Aceh mengalokasikan dana 65o milyar untuk peternakan, kelautan dan perikanan bagi mantan kombatan. Tapi menurutya, uang itu dikelola oleh tangan-tangan yang tidak amanah sehingga lari ke kantong mereka masing-masing. Zaini mengaku sudah menyerahkan persoalan itu kepada pihak Kejaksaan Tinggi untuk diusut.

Zaini mengaku juga sudah mencoba membuat yang terbaik, namun hal itu tidak bisa, karena uang itu dikelola oleh orang-orang yang sama, padahal kata Abu Doto tujuan uang itu kepada eks kombatan termasuk Zakaria Saman.

”Sudah saya serahkan kepada Kejati, siapa yang makan cabee nanti dia yang pedas,”ujarnya.