Pemerintah Aceh Fokus Siapkan SDM Sektor Pariwisata

Reza Fahlevi

Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat berupaya menyiapkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi tinggi guna memberikan pelayanan terbaik kepada pelancong.

“Salah satu fokus kita tahun 2017 adalah penyiapan SDM pariwisata yang berkompeten guna memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh tamu yang berkunjung ke Aceh,” kata Kepala Disbudpar Aceh, Reza Fahlevi di Banda Aceh, Rabu.

Ia menjelaskan dengan ketersediaan SDM yang berkompeten maka akan memberikan pelayanan terbaik kepada setiap pelancong sehingga wisatawan baik dalam dan luar negeri yang datang akan kembali berkunjung ke daerah itu.

“Salah satu hal yang paling penting di sektor pariwisata adalah pelayanan. Ketika pelayanan yang diberikan kepada tamu yang datang, baik maka saya yakin yang besangkutan akan mengajak dan menceritakan kepada temannya mengenai layanan dan pesona wisata Aceh,” katanya.

Karena itu, pihaknya bertekad untuk meningkatkan SDM yang mumpuni di daerah tujuan wisata serta meningkatkan masyarakat sadar wisata sehingga sektor wisata dapat tumbuh dan memberikan kontribusi positif untuk pertumbuhan ekonomi Aceh.

Selain menyiapkan SDM untuk bidang industri pariwisata, pihaknya juga fokus untuk sertifikasi restoran dan hotel halal yang bekerja sama dengan Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh.

Pihaknya terus berupaya meningkatkan berbagai sarana dan prasarana pendukung di sektor pariwisata sehingga jumlah kunjungan wisata dalam dan luar ngeri akan terus bertambah setiap tahunnya.