Di Aceh, Leonardo DiCaprio Foto Bareng Gajah Sumatera

Setelah mengunjungi Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) di hutan Aceh dan melihat kamp penelitian habitat asli Orangutan, peraih Oscar Leonardo DiCaprio juga berpose dengan gajah Sumatera. Foto tersebut dipublikasikannya ke fanpage Facebook, satu jam yang lalu.

“Hutan hujan di dataran rendah Indonesia khususnya ekosistem Leuser merupakan sisa habitat terbaik di dunia untuk Gajah Sumatera yang terancam punah. Di hutan ini, gajah purba bermigrasi dan masih ada sekawanan gajah liar di Sumatera. Tapi, perkebunan sawit memecah belah ekosistem hutan dan memotong migrasi gajah, sehingga sulit bagi keluarga gajah untuk menemukan sumber makanan yang cukup dan air,” tulis Leo, seperti dikutip dari fanpage pribadinya, Selasa (29/3/2016).

Pemeran Hugh Glass di ‘Revenant’ ini juga mengingatkan pentingnya hutan alam di Aceh dan ia siap berjuang untuk melindungi ekosistem Leuser. Bahkan, Leo memberikan link petisi ‘Save The Leuser Ecosystem, Save Our Planet!’ yang ada di situs Change.org.

Dalam petisi yang dibuat oleh Dahlan M.Isa, ia mem-petisi Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, agar segera menyelesaikan persoalan ekosistem Leuser di Aceh. Di kawasan tersebut, ada empat spesies yang terancam punah (orangutan, gajah, badak, dan harimau Sumatera).

Di posting sebelumnya, Leo juga memberikan link situs Guardian tentang badak Sumatera di Kalimantan yang baru terlihat pertama kalinya dalam waktu 40 tahun. Saat menerima Piala Oscar pertama kalinya sebagai Aktor Terbaik akhir Februari lalu, DiCaprio pun menyerukan soal perubahan iklim yang terjadi di dunia dan semakin mengkhawatirkan.

Melalui Leonardo DiCaprio Foundation, aktor 41 tahun ini aktif mendukung kegiatan konservasi di seluruh dunia. Di Indonesia, yayasan ini membantu konservasi di Taman Nasional Bukit Tiga Puluh dan hutan Aceh. Menurut Eco-business, Leonardo DiCaprio Foundation mengucurkan dana US$ 3,2 juta kepada Rainforest Action Network and Haka untuk menjaga ekosistem Leuser di salah satu hutan hujan Sumatera. (Detik)

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads