DPRK Banda Aceh Akan Rekrut Panwaslih

0
59
Zulfikar

Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh akan segera merekrut anggota Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) yang akan mengawasi pemilihan pemilihan kepala daerah di Ibu kota Provinsi Aceh tersebut.

“Kami akan segera melakukan seleksi rekrutmen anggota Panwaslih. Apalagi tahapan pilkada akan segera dimulai,” kata Sekretaris Komisi A DPRK Banda aceh Zulfikar di Banda Aceh, Rabu.

Pilkada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banda Aceh periode 2017-2022 direncanakan digelar kuartal pertama tahun 2017. tahapan pilkada di Kota Banda Aceh tersebut dimulai Februari mendatang.

Menurut Zulfikar, anggota Panwaslih yang direkrut adalah lima orang dan lima lainnya sebagai cadang. Sedangkan kelembagaannya sendiri bersifat adhoc dan setelah tahapan pilkada selesai langsung dibubarkan.

Terkait proses seleksi anggota Panwaslih tersebut, Zulfikar mengatakan Komisi A terlebih dahulu duduk bersama membahas mekanisme pemilihannya.

“Mekanismenya segera kami bahas. Apakah nanti pemilihannya dilakukan panitia seleksi atau Komisi A yang langsung memilihnya. Terkait panitia seleksi juga erat kaitannya dengan anggarannya,” kata Zulfikar.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu menambahkan, jika mekanisme pemilihannya sudah disepakti, maka rekrutmen langsung dilakukan, sehingga anggota Panwaslih terpilih bisa diajukan ke sidang paripurna dewan untuk mendapat persetujuan.

“Jika sudah disetujui di sidang paripurna dewan, maka selanjutnya lima nama panwaslih terpilih dan lima nama cadangannya segera diajukan ke Bawaslu Pusat untuk mendapat penetapan,” kata dia.

Zulfikar menegaskan, lima nama anggota panwaslih terpilih dan lima nama cadangan sudah ada akhir Februari mendatang. Atau paling telat awal Maret 2016.

“Kami dari Komisi A yakin seleksi anggota Panwaslih Banda Aceh sesuai jadwal, di mana akhir Februari atau awal Maret mereka sudah dilantik dan langsung bekerja,” kata Zulfikar.(Antara)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.