Ratusan Warga Deteksi Penyakit Tidak Menular

Seratusan masyarakat gampong Lambaro Skep Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh berpartisipasi pada pengobatan massal di Puskesmas Lambaro Skep, Selasa (08/12) pagi

Pengobatan massal dan deteksi penyakit tidak menular itu diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh yang diinisisasi oleh Ketua Komisi DPRK Banda Aceh Farid Nyak Umar, ST yag merupakan anggota DPRK dapil Kuta Alam.

Farid menyebutkan, kegiatan sosial itu dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut masing-masing di gampong  Keuramat, gampong Beurawe dan gampong Lambaro Skep Kecamatan Kuta Alam, dengan target 300 peserta di tiga gampong tersebut.

Kegiatan itu diinisiasinya setelah melihat tingginya kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Kegiatan ini bisa langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, karena dari hasil pemeriksaan langsung dapat diketahui apa saja penyakit-penyakit yang dialami masyarakat kita, sehingga bisa mereka tindaklanjuti, dan dalam tiga hari ini kita mencatat setidaknya ada beberapa penyakit yang banyak dialami warga kita seperti DM, kolestrol dan asam urat,”lanjut Farid NU.

Selain pengobatan, dijelaskan Farid, kesempatan itu juga dimanfaatkan warga untuk melalukan konsultasi kesehatan, dan warga berharap agar kegiatan seperti itu bisa dilaksanakan secara rutin di gampong yang berbeda.

“Masyarakat juga mengusulkan adanya pelayanan kesehatan gigi secara rutin, serta pengadaan kecamata untuk lansia, khususnya kacamatan baca, dan harapan kita ini juga bisa kita programkan ditahun anggaran mendatang,”ujar politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu.

Kepada masyarakat, Farid menghimbau agar senantiasa tetap menjaga kesehatan dan pola makan yang sehat, utamanya dengan menjaga lingkungan disekitar tempat tinggal agar tetap bersih sehingga terhindar dari wabah penyakit.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads