DPRK : Antisipasi Kekerasan Terhadap Anak Sejak Dini

0
40
Farid Nyak Umar

Pemerintah kota Banda Aceh melalui dinas terkait diminta untuk segera melakukan koordinasi guna mencegah terjadinya kekerasan terhadap anak sejak dini, khususnya di sekolah-sekolah dasar.

Hal demikian disampaikan ketua Komisi D DPRK Banda Aceh Farid Nyak Umar menyikapi maraknya kekerasan terhadap anak yang terungkap akhir-akhir ini, khususnya yang terjadi diluar kota Banda Aceh.

Farid meminta agar dinas terkait, khususnya Dinas Pendidikan kota Banda Aceh untuk memberikan arahan kepada kepala sekolah agar memperketat pengawasan kepada anak-anak, terutama terhadap orang-orang tidak dikenal datang ke sekolah dan berkomunikasi dengan siswa.

Begitu juga dengan guru, diharapkan untuk meningkatkan komunikasi dengan murid, pasalnya banyak aksi kekerasan yang tidak berani dilaporkan oleh si anak.

”Tentu sangat miris kita melihat kejadian akhir-akhir ini, seperti yang terjadi di Aceh Besar dan Bireun, ini sangat menggugah rasa kemanusiaan kita sebagai orang tua maupun pemerintah, oleh karena itu kita meminta Pemko agar proaktif agar apa yang terjadi diluar sana, tidak menjalar ke kota Banda Aceh,”ujarnya.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Banda Aceh itu mengakui, pihaknya juga mendapatkan banyak laporan dari masyarakat dan orang tua terkait dengan kekerasan yang dialami oleh anak mereka, khususnya kekerasan yang dilakukan oleh sesama anak itu sendiri, sehingga tak jarang orang tua memindahkan anaknya dari satu sekolah ke sekolah yang lain.

”Kami mendapatkan laporan dari masyarakat baik melalui langsung, SMS maupun media sosial, ada orang tua yang mendapati anaknya dikasari oleh anak lainnya sehingga mereka memilih untuk memindahkan sekolah anaknya,’lanjut Farid.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.