MPU Banda Aceh Gelar Pelatihan Kader Ulama

0
63

Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Banda Aceh mengelar Pendidikan Kader Ulama (PKU) di Hotel Regina selama enam hari, terhitung dari tanggal 20 s/d 26 April 2015 mendatang.

Acara bertema “Melalui Pendidikan Kader Ulama (PKU), Kita Samakan Persepsi Dalam Membina Umat Kota Banda Aceh” ini dibuka langsung oleh Wali Kota Banda Aceh  Illiza Sa’aduddin Djamal , Senin (20/4/2015)

Burhanuddin A Gani selaku ketua panitia melaporkan, para peserta PKU ini merupakan utusan dari kecamatan, sejumlah dayah dan ormas islam yang ada di Banda Aceh.

“Materi yang diberikan antara lain tugas-tugas pokok MPU, materi tentang fiqih, tauhid, akhlak tasawuf, ilmu tafsir dan hadis. Tujuannya untuk meningkatkan SDM dan membentuk generasi penerus ulama,” katanya.

Ketua MPU Kota Banda Aceh   A Karim Syekh  dalam sambutannya mengatakan, pendidikan yang dimaksud dalam PKU ini merupakan konsep perubahan tingkah laku serta penambahan wawasan pemikiran tentang ilmu-ilmu agam Islam.

“Kata kader yang kita maksud adalah orang yang diharapkan bisa memegang estafet fungsi keulamaan, agar tidak terjadi kekosongan kursi ulama di Banda Aceh. Ulama yang hendak kita lahirkan adalah orang mukmim yang memahami ilmu agama secara luas dan mendalam, mau mengamalkan dan menurunkannya kepada generasi selanjutnya.”

Ia juga menyinggung mengenai multi tafsir, terutama terhadap hal-hal furuq agama yang kerap muncul ke permukaan. “Perbedaan yang muncul dari soal furuq ini butuh toleransi antara satu sama lain agar tidak merusak ukhuwah islamiah. Bicarakan dan bahas hal ini dalam forumiforum ilmiah, jangan langsung kita lempar ke publik,” pesannya.

Sementara Wali Kota Illiza dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada MPU sebagai gerbong utama penggerak umat yang telah megadakan acara ini. “Sosok ulama sangat dibutuhkan di tengah-tengah masyarakat, dan  kita rasakan semakin berkurang jumlahnya saat ini. Makanya perlu pengkaderan seperti yang pernah pula dilakukan Rasulullah SAW,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.