Pentas Seni Meriahkan Penutupan MTQ di Baitul Arqam

0
70

Acara penutupan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidayah se-Aceh Besar yang berlangsung dari tanggal 27 Maret sampai 7 April 2015 berlangsung meriah dengan adanya penampilan pentas seni dan Budaya Islami.

Dalam acara penutupan yang berlangsung di Komplek Dayah Pesantren Baitul Arqam, Selasa (7/4/2015) menampilkan hiburan yang dipersembahkan oleh siswa dari SD Simpang Tiga yang membawa seni Rapai, SD Montasik menampilkan Rabana, Pengajian Al-Furqan menampilkan Nasyid, SD Boeng Cala mementaskan tari Ratoh Jaroe, MIN Jeurela II membawakan tari Likok Pulo, sementara tuan rumah  Dayah Pesantren Baitul Arqam menampilkan Likee Maulid kreasi Beat Box, panampilan tapak suci dan Nasyid tiga bahasa.

Acara penutupan dimulai dengan acara grand final Musabaqah Tilawah Al Quran, yang dimulai sejak jam 10.00 pagi dihadiri oleh ratusan murid, guru, wali murid, serta masyarakat sekitar.

Musabaqah yang memperlombakan tahfidh, Tilawat al Quran, Pidato, Azan dan Kaligrafi memperebutkan tropi juara pertama kedua dan ketiga, uang pembinaan dan sertifkat. Tropi juara umum berhasil digondol MIN Tungkop dengan membawa enam juara. Juara satu tahfidh Putri, Juara Satu tahfidh Putra, Juara dua Tilawah Putri, Juara Dua Pidato Putra, Juara Dua Azan, Juara Dua Kaligrafi.

MIN Biluy meraih juara tiga kaligrafi, juara dua pidato putri, Juara satu tilawah Putra. SDIK Nurul Quran meraih juara dua tilawah putra, juara dua tahfidh putra. MIN Pagar Air, Juara Tiga tilawah putra, juara tiga tahfid putra.  MIN Lambaro Juara satu Kaligrafi, dan juara satu pidato Putra. Sementara MIN Bukit Baru I meraih juara tiga Azan, SDN Samahani meraih juara satu pidato putri. MIN Cot Gue meraih juara satu azan. SD Montasik meraih juara tiga pidato putri. SD Dhan Cukok meraih juara tiga pidato putra.

Sementara pengajian Al Furqan meraih juara dua tahfidh putri, juara tiga tilawah putri.  Utusan Gampong Aneuk Batee Sibreh meraih juara satu Tilawah putri dan juara tiga tahfidh Putri.  Total hadiah uang pembinaan mencapai tiga juta Sembilan ratus ribu rupiah yang diperebutkan di semua cabang. Disamping tropi dan sertifikat.

Penutupan MTQ langsung ditutup secara resmi oleh Syeikh Zul Anshary  yang menyampaikan pesan-pesan untuk memberikan perhatian pada pembinaan generasi muda Islam, dengan menjadikan Rasulullah saw sebagai suri tauladan. Perlombaan tersebut dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad saw. dan bertepatan dengan Milad Dayah Pesantren Baitul Arqam yang ketiga. “Insya Allah acara tersebut akan berlangsung rutin setiap tahun,” ujar Zul Anshary.

Menurut Teuku Azhar Ibrahim selaku Program Manager  dan guru Dayah Pesantren Baitul Arqam; ada kecendrungan sangat mengembirakan pada generasi muda, minat menghafal Al Quran semakin tinggi di kalangan anak-anak, di samping peserta tahfidh menduduki jumlah tertinggi dari peserta dan mampu menghafal Al Quran beserta tajwidnya dengan baik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.