Pangdam : Aceh Rawan Penyeludupan Senjata

Panglima Kodam (Pangdam) Iskandar Muda Mayjen TNI Agus Kriswanto mengatakan Aceh rawan penyeludupan senjata, karena wilayah perairan lautnya cukup luas.

“Wilayah Aceh ini rentan penyeludupan senjata maupun narkona. Sebab, wilayah yang diawasi ini cukup luas,” ungkap Pangdam Agus Kriswanto di Banda Aceh, Selasa.

Jenderal bintang dua itu menyebutkan, wilayah Aceh banyak pelabuhan-pelabuhan kecil serta jalur-jalur tikus. Pelabuhan dan jalur inilah yang diduga menjadi pintu masuk bagi penyeludup senjata maupun narkoba.

Untuk mengamankan jalur dan pelabuhan yang diduga rawan penyeludupan tersebut, kata dia, dibutuhkan pengawasan dan pengamanan yang intensif.

Oleh karena itu, lanjut dia, Kodam Iskandar Muda siap mendukung pengamanan wilayah perairan, membantu tugas kepolisian dan TNI Angkatan Laut.

“Untuk pengaman perairan, Kodam Iskandar Muda saat ini telah memiliki kapal motor cepat komando. Kapal ini mampu mendukung pergerakan pasukan di wilayah perairan Provinsi ujung barat Indonesia ini,” kata Mayjen TNI Agus Kriswanto.

Sebelumnya, Kodam Iskandar Muda menerima satu kapal motor cepat komando dari Direktorat Pembekalan Angkutan Angkatan Darat. Kapak dengan panjang 17 meter memiliki kecepatan 25 knot dengan daya jelajah 250 neutikal mil.

“Kapal cepat komando yang diterima terakhir ini merupakan yang tercanggih dimiliki Kodam Iskandar Muda. Selain kapal ini, Kodam juga memiliki kapal yang mendukung pergerakan pasukan,” kata Mayjen TNI Agus Kriswanto.(antara)

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads