GeRAK Fokus Urus Tambang

0
78
Ilustrasi

Untuk mengawal seluruh kegiatan pertambangan yang ada di Aceh Barat, Gerakan Anti Korupsi (GeRAK) Aceh membentuk sebuah forum yang dinamakan dengan Forum Bersama (Foerbes) Tambang Aceh Barat. Dalam forum ini juga terlibat seluruh elemen seperti Pemerintah, Masyarakat Sipil, Pelaku Tambang, Akademisi dan Media.

Manajer Program GeRAK Aceh, Mulyadi mengatakan lahirnya forum ini karena masih banyaknya permasalahan yang sering terjadi di sektor pertambangan, sehingga GeRAK berinisiatif untuk membentuk forum ini.

“Banyak tugas dari forum  ini, misalnya mengawal seluruh perusahaan pertambangan, mencari solusi terkait permasalahan di sektor pertambangan, yang jelas tujuan akhir forum ini adala untuk membuat tata kelola pertambangan yang lebih baik,” kata Manajer Program GeRAK Aceh, Mulyadi, Senin (20/10/2014) di Meulaboh.

Sebelumnya terbentuknya Forum ini, kata Mulyadi, GeRAK Aceh juga sudah mengelar Forum Group Discusion (FGD) dengan isu pertambangan di Aceh Barat dengan tujuan mencari solusi terkait permasalahan yang sering terjadi di sektor pertambangan.

“Dalam FGD itu, kami juga mengundang seluruh elemen baik Pemerintah, Perusahaan, Masyarakat Sipil, Media, dan seluruh elemen yang ikut terlibat di sektor pertambangan,” ujarnya.

Mulyadi  menambahkan visi dari forum ini adalah untuk terwujudnya tata kelola tambang yang baik di Kabupaten Aceh Barat secara berkelanjutan, sehingga masyarakat bisa ikut sejahtera.

“Harapan kami, agar forum ini menjadi salah satu jalan keluar untuk menyelesaikan seluruh permasalahan yang sering terjadi disektor pertambangaa, Sehingga baik perusahaan dan masyarakat tidak dirugikan, dan tambang bisa menjadi salah satu sumber yang bisa meningkatkan pendapatan daerah,” harapnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.