OKI : Yatim Aceh Diundang Langsung Raja Arab Saudi

Asisten Direktur Aliansi OKI Untuk Bantuan Yatim Tsunami Muqni Affan Abdullah menyebutkan 105 anak yatim yang diberangkatkan tahun ini berasal dari Kabupaten Pidie, Pidie Jaya dan Aceh Utara beserta 10 orang pedamping. Mereka diundang langsung oleh Raja Arab Saudi melalui perwakilan Islamic Development Bank (IDB).

Muqni menjelaskan program bantuan anak yatim ini merupakan pilot project OKI di Dunia Islam, dan Indonesia khususnya Aceh merupakan tempat pertama program ini diimplementasikan, hal itu disebabkan oleh banyaknya anak-anak Aceh yatim korban tsunami.

“Aceh satu-satunya provinsi di Indonesia bahkan di dunia yang mendapatkan program ini, kita berharap program ini tidak berhenti tahun ini dan terus berlanjut, dan pada tahun-tahun mendatang kita berharap jumlah yang diberangkatkan bisa bertambah”ujarnya.

Ia mengatakan rombongan berangkat dari Banda Aceh ke Jakarta dalam dua gelombang, masing-masing tanggal 28 dan 29 September 2014, kemudia berangkat ke Jeddah  pada tanggal 30 September menggunakan pesawat Saudi Airline.

Setelah pelaksanaan ibadah haji di Mekkah, anak-anak Aceh akan diberangkatkan ke Madinah untuk berziarah ke makam Nabi Muhammad saw dan beberapa situs Islam lainnya dan berada disana selama 3 hari, selanjutnya pada 12 Oktober 2014 kembali ke tanah air langsung dari Madinah Almunawarah.

Pada kesempatan itu Muqni menjelaskan sejak tahun 2006 hingga kini, OKI telah menyalurkan bantuan dari para donatur kepada lebih dari 13000 anak yatim dibeberapa kabupaten/kota di Aceh, saat ini ada 5310 anak yatim yang aktif menerima bantuan bantuan beasiswa langsung ke rekening mereka masing-masing, beasiswa itu bertujuan untuk membantu biaya pendidikan, kesehatan dan pembinaan kapasitas dan keterampilan anak-anak yatim hingga mereka berumur 18 tahun.

“Kita juga sedang menunggu donatur-donatur lainnya sehingga bisa mengcover bantuan untuk anak yatim diseluruh Aceh, oleh karena itu kami sangat berharap doa dari anak-anak yatim dan seluruh masyarakat Aceh bagi para donatur agar mereka diberikan kemudahan dalam membantu anak-anak yatim Aceh”pungkasnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads