Banda Aceh Jajaki Kerjasama Dengan Amerika

0
59
sumber foto : Seputaraceh.com

Amerika Serikat dan Banda Aceh sedang menjajaki kemungkinan kerjasama di bergai sektor. Hal ini terungkap saat Wali Kota Banda Aceh Hj Illiza Saaduddin Djamal  melakukan pertemuan dengan Konsulat Amerika Serikat Perwakilan Medan, Y Robert Ewing, Senin (25/814) di ruang rapat Wali Kota Banda Aceh.

Dimintai keterangannya, Illiza Saaduddin Djamal mengaku telah membicarakan sejumlah kemungkinan kerjasama dengan pihak Amerika Serikat. Katanya ada beberapa sektor yang mungkin dikerjasamakan, antaranya sektor perikanan, pendidikan dan perdagangan.

“Disektor pendidikan, tadi kita bicarakan masalah pertukaran pelajar. Sementara disektor perekonomian kita bicarakan masalah investasi karena pada 8 September nanti investor besar Amerika akan datang ke Medan, dan saat itu akan ada pertemuan dengan Pemerintah Kota Banda Aceh untuk membicarakan apa saja yang bisa diajak kerjasama” Kata Illiza Saaduddin Djamal.

Selain berusaha mendatang investor, Pemerintah Banda Aceh bersama  Konsulat Amerika Perwakilan Medan juga melakukan kerjsama dibidang pendidikan, perdagangan dan lingkungan yang nantinya akan mendapatkan keuntungan keduabelah pihak.

“Tadi juga dibicarakan kerjasama  terhadap sektor pendidikan, dimana bagi mahasiswa Banda Aceh yang ingin kuliah di Amerika akan dipermudah pengurusan izinnya,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Konsulat Amerika perwakilan Medan, Y Robert Ewing, membenarkan pembahasan kemungkinan kerjasama dengan Pemerintah Kota Banda Aceh.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.