Tetap Loyal Bela Prabowo-Hatta, Golkar Siap Berada di Luar Pemerintahan

Partai Golkar menegaskan kesetiaannya pada koalisi Merah Putih yang sejak awal mendukung pencalonan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa. Partai ini siap berada di luar pemerintahan apabila Mahkamah Konstitusi (MK) tidak mengabulkan gugatan hasil pilpres yang diajukan Prabowo-Hatta.

“Kami akan tetap bersama Koalisi Merah Putih. Soal Koalisi Merah Putih permanen ini, jangan dilihat dari sisi negatifnya saja. Koalisi ini justru mempermudah Presiden terpilih untuk melakukan komunikasi politik,” ujar Wakil Sekretaris Jenderal Partai Golkar Lalu Mara Satriawangsa saat dihubungi, Minggu (3/8/2014).

Mara menilai presiden dan wakil presiden terpilih nantinya tak perlu lagi melakukan komunikasi politik dengan 10 partai politik. “Cukup dengan dua grup koalisi saja. Satu yang berada di pemerintahan, satunya yang di luar pemerintahan,” katanya.

Menurut Mara, istilah oposisi sebenarnya tidak tepat digunakan dalam sistem presidensial. Namun, dia menyebutkan berada di luar pemerintahan akan bisa berperan sebagai penyeimbang dalam rangka check and balance melalui lembaga legislatif.(kompas)