Pemko Sosialisasikan JKN Kepada Keuchik

Pemerintah kota Banda Aceh melaksanakan Sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kepada Aparat Gampong Se-Kota Banda Aceh, Rabu (07/05/2014).

Kepala Dinas kesehatan kota Banda Aceh Media Yulizar mengatakan sosialisasi itu Untuk menyamakan persepsi dan pemahaman menyeluruh soal Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bagi aparat gampong, Oleh karena itu pihaknya mengundang seluruh keuchik dan kepala puskesmas untuk mengikuti sosialisasi JKN.

“Hari ini kita kumpulkan keuchik ,camat juga kepala puskesmas supaya persepsinya sama tentang JKN ini,”ungkap Media.

Media menyebutkan program JKN Ini berbeda dengan program jaminan kesehatan sebelumnya. Sekarang ini semua program kesehatan menjadi satu dan semuanya dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan.

“Dulu program kesehatan dilakukan secara terpisah, ada jaminan untuk PNS, jaminan untuk masyarakat miskin dan jaminan dari Pemerintah Aceh. Namun sekarang ini semua nya menjadi satu dan semuanya dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan,” ujar Media.

Media menambahkan dalam pelaksanaan pelayanan BPJS ini tidak ada perubahan. Namun Ada hal yang harus diketahui masyarakat yaitu terkait soal rujukan dan bagaimana cara pindah kelas. Oleh karenanya diharapkan aparatur gampong dapat mensosialisasikannya kepada masyarakat.

Sementara itu Assiten 2 Pemko Banda aceh Bahagia mengatan masyarakat Aceh telah lebih dahulu menikmati kesehatan gratis melalui program Pemerintah Aceh dan kini diadopsi secara nasional melalui program JKN yang dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan.

Ia menjelaskan Program ini berjalan berdampingan dengan layanan kesehatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Aceh, yakni Program Jaminan Kesehatan Rakyat Aceh (JKRA). seluruh program ini akan memberikan akses kesehatan yang layak kepada seluruh masyarakat.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads