Penjaringan Tuan Rumah PON, Sabang Disiapkan Untuk Cabor Sensitif

0
168
GOR KONI Aceh

Pelaksanaan syariat Islam di Provinsi Aceh dijamin tidak akan menghambat penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON), pasalnya panitia lokal di provinsi Aceh sudah melakukan persiapan tempat pertandingan bagi cabang olah raga yang dinilai sensitif dilaksanakan, seperti renang, voli pantai dan senam.

“Cabang Olahraga yang sensitif dampaknya akan kita selenggarakan di kota Sabang” ujar wakil ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI Aceh Maulisman hanafiah saat memaparkan kesiapan Aceh untuk menjadi tuan rumah PON ke XX dihadapan tim penjaringan tuan rumah PON dari KONI Pusat dan Kementrian Pemuda dan Olahraga, Senin (10/02/2014).

Maulisman mengatakan pemerintah Aceh membutuhkan anggaran sebanyak  Rp. 9 Triliun untuk membanguan infrstruktur olahraga jika kemudian terpilih menjadi tuan rumah PON ke XX. Namun demikian disebutkannya sejumlah fasilitas olah raga atau sekitar 60 persen sudah ada di provinsi Aceh.

“Kita sudah memiliki sejumah fasilitas olahraga, namun ada yang harus direhab juga dan ada yang harus dibuat baru”jelasnya.
Sementara itu Sekretaris Jendral KONI E.F Hamidy mengatakan calon tuan rumah PON minimal harus menyediakan 40 persen infrastruktur olahraga, sejauh ini pihaknya melihat Aceh berpeluang untuk masuk dalam tiga besar calon tuan rumah PON XX yang akan disampaikan ke Presiden untuk dipilih salah satu diantaranya.

“Karena ada 43 cabang olahraga yang dipertandingkan dan pemerintah daerah harus menyiapakna menimal ketersediaan 40 persen sarananya”lanjutnya.

Hamidy menambahkan kehadiran pihaknya ke provinsi Aceh hanya untuk memotret tempat-tempat cabang olahraga yang akan dipertandingkan, potret tersebut akan disampaikan kepada panitiapemilih tuan rumah PON XX.

“Pemilih tuan rumah adalah 33 KONI provinsi dan 61 poengurus cabang olahraga”ujarnya.

Pada kesempatan itu wakil ketua  KONI Aceh Maulisman Hanafiah juga memaparkan kesiapan Aceh mulai dari kesiapan sarana olahraga, transportasi baik darat, udara dan laut, kesiapan penginapan untuk menampung kontingen dari seluruh Indonesia, kesiapan rumah sakit dan kesiapan Media.

“Yang jelas kita siap, dan pemerintah Aceh sangat serius ingin menjadi tuan rumah PON ke XX”lanjutnya.

Selain Aceh, sejumlah provinsi lainnya juga ikut mendaftar sebagai calon tuan rumah PON XX masing-masing Sumatera Utara, Papua, Bali, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan dan Kalimantan Barat. Bahkan sebelumnya sempat tercetus agar Aceh dan Sumatera utara untuk menjadi tuan rumah bersama PON ke XX.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.