Stok Darah Aman Untuk 2 hari

Masyarakat sedang melakukan donor darah/Salman iqbal

Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banda Aceh memastikan stock darah dalam dua hari terakhir aman, menyusul adanya sejumlah even donor darah yang diselenggarakan oleh perkantoran pemerintah dan swasta serta mahasiswa di beberapa kampus.

Ketua PMI Banda Aceh Kamaruzaman mengatakan hingga hari Rabu Pagi PMI Banda Aceh memiliki 10 kantong stock darah A, 5 Kantong darah B dan 3 kantong darah O, sedangkan untuk darah AB dan resus negative stock kosong karena jenis darah tersebut diakuinya memang langka.

Akan tetapi menyusul adanya even donor darah pada hari Rabu di Bank Aceh stok darah dipastikan aman, selain itu pada hari Selasa lalu ada even donor darah di Universitas Serambi Mekkah dan Bank Bukopin, dan pada hari Kamis juga ada even donor darah di kampus Akafarma Banda Aceh.

“Alhamdulillah sampai saat ini stok aman, ada stok sekitar 15 kantong, dan khusus untuk thalasesemia kita utamakan darah untuk mereka, kan mereka hidup sangat bergantung pada darah orang lain”lanjutnya.

Kamaruzaman menambahkan, setiap harinya PMI Banda Aceh membutuhkan stok darah minimal 100 kantong, jika KLB maka stok darah yang dibutuhkan bisa mencapai 120 kantong.

Kamaruzaman mengakui jika kesulitan memperoleh darah pihaknya mengusahakan dengan menghubungi keluarga-kelaurag pasien atau menghubungi peserta donor aktif yang ada pada data base PMI Banda Aceh.