Siap-siap Ujian Nasional Sudah Dekat

Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) untuk tingkat SMA dan MA akan berlangsung pada tanggal 15 sampai dengan tanggal 18 April 2013.

Sedangkan untuk SMK dan SMALB berlangsung pada tanggal 15 sampai dengan tanggal 17 April 2013.

Kepala dinas Pendidikan Aceh Anas Muhammad Adam mengatakan dinas pendidikan sudah melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan Ujian Nasional tahun lalu, dan ditemukan beberapa kelemahan yang harus segera diperbaiki, seperti masih ada sekolah yang kekurangan guru bidang studi tertentu, khususnya di daerah pedalaman, bahakan diakui anas, dari 23 kabupaten kota di Aceh, hanya kota Banda Aceh yang memiliki guru lengkap dan merata, sedangkan  didaerah lain khususnya dipedalaman Aceh, pemerataan guru belum terjadi, dan hal itu menurut Anas menjadi tanggungjawab dari pemerintah kabupaten-kota mengingat pendidikan merupakan hak otonomi masing-masing daerah.

“setelah kami teliti rupanya masalah besarnya di guru, ada guru yang mengajar bukan bidangnya, dan ada juga guru lengkap tapi kemampuan gurunya yang masih kurang”lanjutnya.

Anas menambahkan untuk pelaksanaan Ujian nasional (UN) SMP, MTS dan SMPLB akan berlangsung pada tanggal 22 sampai dengan 25 april 2013.

“sedangkan untuk UN SD, MI, dan SDLB akan berlangsung pada tanggal 6 sampai dengan tanggal 8 mei 2013″lanjutnya lagi.

Diakui Anas bagi siswa yang memiliki halangan tetap akan diberikan peluang untuk ujian susulan, yaitu dari tanggal 22 sampai dengan tanggal 15 Mei 2013.
Sementara itu ketua pelaksana UN Aceh, Laisani mengatakan tahun ini tidak ada ujian ulangan bagi siswa yang tidak lulus, kecuali bagi siswa yang halangan tetap pada hari H.

Menurutnya untuk soal UN tahun ini kompetensi yang ujiankan masing-masing 20 persen materi kelas I, 30 persen materi kelas II dan 50 persen materi kelas III. Sedangkan tingkat kesukarannya terdiri dari 20 persen sulit, 70 persen sedang dan 10 persen ringan.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads