Januari-Desember 461 Warga Kota Diserang DBD

Dari bulan Januari hingga pertengahan Desember 2012 jumlah penderita penyakit Deman Berdarah Dengue (DBD) di kota Banda Aceh mencapai 461 orang.

Hal Demikian dikatakan kepala Dinas Kesehatan kota Banda Aceh Media Yulizar disela-sela  Penandatanganan MoU kawasan tanpa rokok dengan tiga perguruan tinggi di Aceh Rabu pagi.

Media mengatakan dari jumlah penderita DBD tersebut satu orang meninggal dunia, namun menurutnya korban meninggal tersebut  belum bisa dipastikan akibat DBD atau penyakit lain, Karena hasil diagnosa menunjukkan  yang bersangkutan  juga menderita penyakit lain, masih menurut Media, Untuk mencegah semakin mewabahnya DBD di kota Banda Aceh, dinas kesehatan mengajak masyarakat untuk membuat gerakan bersama berantas sarang nyamuk serta melakukan gerakan 3 M plus.

“perlu partisipasi masyarakat dengan gerakan massal, jadi masyarakat harus betul-betul peduli untuk memberantas sarang nyamuk, karena nggak mungkin di berantas sampai ke kamar-kamar tidur orang”lanjutnya.

Media menambahkan ada tiga kecamatan di kota Banda Aceh yang rawan terjadinya penyakit deman berdarah  masing-masing  Kecamatan Kuta Alam, Kecamatan Syiah Kuala dan Kecamatan Jaya Baru.

“Jaya Baru dan Meuraksa itu dulu sedikit sekali kasus, tapi sekarang meningkat, karena semakin padat penduduknya”lanjut Media.

Selain itu Media mengatakan permasalahan DBD di kota Banda Aceh disebabakan oleh semakin padatnya penduduk serta daratan kota Banda Aceh yang rendah.

Sementara itu Berdasarkan data Dinas Kesehatan Aceh, Kota Banda Aceh memang menjadi daerah endemik DBD sejak tahun 2008 lalu.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads