Rektor UIN Malang Akan Orasi Ilmiah di IAIN Banda Aceh

Rektor Universitas Negeri Islam (UIN) Malang Imam Suprayogo akan menyampaikan orasi Ilmiah pada puncak peringatan ulang tahun IAIN Ar-Raniry Banda Aceh Senin 22 oktober 2012, Imam akan menyampaikan orasi Ilmiah dengan Tema Epistimologi pengembangan ilmu pengetahuan di Universitas Islam Negeri.

Pembantu rektorĀ  I IAIN Ar-Raniry Syahrizal Abbas mengatakan tema tersebut diangkat berkaitan dengan perubahan IAIN Ar-Raniry menjadi UIN, karena menurutnya ketika menjadi UIN nanti, maka IAIN akan mengembangkan sejumlah Ilmu baru, tidak hanya Ilmu agama tetapi juga ilmu-ilmu eksakta.

“Ilmu yang dikembangkan di UIN itu akan lebih berfariasi dibandingkan dengan ilmu yang dikembangkan di IAIN, kalau IAIN hanya satu rumpun ilmu kalau UIN lebih beragam, jadi nanti tidak ada lagi itu ilmu umum, sarjana agama, atau orang agama, tidak ada lagi seperti ituā€lanjutnya.

Syahrizal menambahkan perubahan status IAIN menjadi UIN diperkirakan akan realisasi pada tahun 2013, karena profosal dari IAIN sudah disetujui oleh kementrian Agama, dan dalam waktu dekat kementrian terkait akan membicarakan lebih lanjut perubahan status IAIN Ar-Raniry.

Menurut Syahrizal, perubahan IAIN menjadi UIN juga akan berpengaruh pada struktur organisasi, akan ada penambahan biro-biro baru, penambahan Fakultas dan penambahan anggaran, sehingga akan ada keterlibatan kementrian-kementrian lain, seperti kementrian Aparatur Negara, Kementrian Keuangan, dan Kementrian Pendidikan.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads