6 Hari Ke Depan Aceh Masih Diguyur Hujan

Kepala Stasiun Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Blang Bintang, Samsuir melalui prakirawan Jaya Martuah Sinaga, menyatakan sebagian wilayah Aceh hingga enam hari ke depan masih akan di guyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Jaya mengatakan cuaca buruk yang bakal melanda sejumlah daerah di Aceh selama sepekan mendatang, juga disebabkan pengaruh Siklon Tropis Anggrek yang sedang melanda wilayah perairan Samudera Hindia, tepatnya di sebelah barat daya Sumatera dengan pusat tekanan rendah berada di Laut Andaman. 

Untuk itu pihaknya mengaharapkan masyarakat untuk mewaspadai cuaca buruk ini, khususnya angin kencang dan gelombang tinggi di perairan Aceh, gelombang di perairan Aceh diperkirakan bisa mencapai 4 meter.

“Yang kita pantau gelombang bisa mencapai 4 meter, misal di perairan Aceh diatas Sabang itu bisa 2 hingga 4 meter, perairan barat 2,5 hingga 4 meter dan perairan utara, Lhoksumawe  2 hingga 3 meter, dengan tinggi gelombang ini dihimbau perlu diwasapadai oleh nelayan dan pengguna jasa pelayaran,” katanya

Jaya menambahkan hasil pantauan dari pusat tekanan udara kecepatan angin diwilayah Aceh juga tinggi yaitu berkisar antara 10 hingga 45 Km/jam.

Menurutnya suhu permukaan air laut di Samudera Hindia, khususnya wilayah perairan di bagian barat-selatan Aceh, masih cukup hangat dan mendukung terjadinya peningkatkan aktivitas pertumbuhan awan hujan di atas atmosfir Aceh.

Dengan kondisi tersebut, Jaya menghimbau agar masyarakat yang hidup dan bertempat tinggal di sekitar wilayah pantai, seperti nelayan, para pengguna jasa angkutan laut dan pengusaha jasa angkutan laut, agar senantiasa mewaspadai kondisi tersebut. (im)

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads