Tahun 2010 Produksi Padi Meningkat, Kedelai Turun Drastis

Produksi padi pada tahun 2010 ini diprediksikan akan meningkat hingga 4,54 persen dibandingkan dengan produksi pada pada tahun 2009, hal itu disebabkan oleh kenaikan luas panen dan juga kenaikan rata – rata produksi per hektarnya.

Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Aceh, Syech Suhaimi mengatakan peningkatan yang cukup besar adalah pada rata – rata produktivitas per hektarnya, diperkirakan peningkatan rata – rata perhektarnya dari 43,32 Kwintal per hektar pada tahun 2009 menjadi 44,98 kwintal per hektar pada 2010, atau naik 3,84 persen.

“Peningkatan yang cukup besar adalah pada rata – rata produktivitas perhektarnya, peningkatan ini disebabkan juga oleh penanaman yang sudah lebih baik, pengairan yang cukup, pemupukan yang cukup dan penggunaan bibit yang semakin berkualitas. Produktivitas ini diharapkan harus terus meningkat , karena hal ini merupakan upaya untuk mensejahtrakan petani,” katanya.

Suhaimi menambahkan dari hasil pembahsan angka ramalan III (ARAM III) tahun 2010 luas panen padi hingga Agustus 2010 mencapai 238 ribu hektar lebih, dan masih terdapat sekitar 105 ribu hektar yang baru di panen pada periode September hingga Desember, sehingga pada tahun 2010 ini diperkirakan luas panen mencapai 361 ribu hektar lebih.

Untuk palawija lain seperti jagung dan kacang tanah diperkirakan juga akan meningkat, sedangkan untuk kedelai yang merupakan komoditas unggulan Aceh diperkirakan akan mengalami penurunan produksi yang cukup besar. (im)

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads