TNI dan Pemerintah Aceh Siagakan Bantuan Bencana

Pengungsi gunung merapi (okezone.com)

Pasukan TNI mulai diterjunkan ke daerah – daerah yang mengalami bencana di Mentawai dan letusan merapi di Jawa Tengah. Untuk sementara dua satuan TNI sudah di siagakan di wilayah timur dan wilayah barat.

Hal itu dikatakan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal George Toisutta saat Sertijab Panglima Kodam Iskandar Muda di lapangan Blang Padang Banda Aceh.

George mengatakan untuk jawa tengah sudah disiapkan empat bataliyon sedangkan untuk mentawai baru satu battalion karena transportasi kelokasi sangat susah.

“Ini bencananya kan ada disebelah barat dan sebelah timur, di Mentawai dan merapi, jadi TNI khusunya angkatan darat punya dua satuan yang disiagakan, untuk Jawa Tengah ada empat bataliyon dan Mentawai kami agak kesulitan tapi yang lain sudah siaga untuk berangkat,” katanya.

Sementara itu Wakil Gubernur Aceh, Muhammad Nazar mengatakan pemerintah Aceh sudah siap menyalurkan bantuan ke dua daerah yang terkena bencana jika memang sudah diperlukan, namun hingga saat ini situasi masih sanggup dikendalikan oleh pemerintah setempat.

“Kita kalau ada bencana di daerah lain selalu kita koordinasi, jika memang sudah diperlukan bantuan ya kita kirim, kalau dibilang belum ya kita tetap standbyi aja, kita juga siapkan relawan seperti tagana, rapi dan pramuka, siap kita kirim,” kata Nazar.

Dua bencana melanda Indonesia pada hari Senin dan Selasa, pada hari Senin gempa berkekuatan 7,2 SR yang disusul tsunami melanda pulau Mentawai, 102 orang dilaporkan tewas dan 509 orang dinyatakan hilang, sementara itu pada Selasa sore gunung Merapi di Jawa Tengah meletus dan puluhan orang dinyatakan tewas. (im)