Jamaah Haji Asal Aceh Terima Dana Baitul Asyi

Jamaah haji asal Aceh Mulai dibagikan dana Baitul Asyi di kota Mekkah. Hingga Selasa sudah lima kloter jamaah haji Aceh yang sudah menerima dana dari hasil sewa dua hotel Aceh di Mekkah itu.

Kepala Kanwil Kementrian Agama Provinsi Aceh, A Rahman TB mengatakan berdasarkan info yang diterima dari petugas baitul asyi di Mekkah, Azman Ismail, setiap jamaah haji asal Aceh diberikan dana baitul asyi sebesar 1.200 Riyal atau setara Rp.3,6 juta, angka tersebut sama dengan jumlah yang disalurkan kepada jamaah haji tahun lalu.

“Alhamdulillah informasi yang kita terima sudah lima kloter yang dibagi dengan besaran 1.200 Riyal, kalau 1 Riyal setara 3 ribu berarti ada 3,6 juta rupiah yang diterima, dan ini bukan kewajiban tapi bantuan baitul asyi ada kemudahan dibagikan kepada jamaah haji kita,” katanya.

Rahman menambahkan dana baitul asyi merupakan kemudahan bagi jamaah haji asal Aceh hasil dari waqaf orang Aceh di Arab Saudi, saat ini Aceh memiliki dua hotel di kota Mekkah yang disewakan yaitu Hotel Elaf Al-Masyair dan Hotel Ramada.

Hotel Elaf terdiri dari 25 lantai dengan 340 kamar. Sedangkan Ramada memiliki 32 lantai dengan jumlah kamar 1.200. Kedua hotel tersebut diperkirakan mampu menampung lebih 7.000 orang yang dilengkapi dengan fasilitas lengkap. 

Lebih lanjut Rahman menambahkan laporan terakhir yang diterima dari Arab Saudi, satu orang jamaah atas nama Maryah Binti Arifin (70 tahun) dirawat di Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) karena menderita penyakit Asma Bronchiale. (im)

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads