23 Ribu Orang Mengungsi di 7 Daerah

0
22

Akibat banjir yang melanda sebagian Aceh dalam sepekan terakhir, setidaknya terdapat 23 ribu orang pengungsi yang tersebar di tujuh kabupaten dan kota. Pengungsi terbanyak terdapat di Kabupaten Aceh Selatan yang mencapai 12 ribu orang, disusul Kabupaten Aceh Barat 7 ribu orang, kemudian Kota Subulussalam dan Aceh Singkil sekitar 4 ribu orang, sementara di Aceh Jaya berjumlah 133 orang dan Aceh Barat Daya berjumlah 290 orang.

Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Asmadi Syam melalui staf kesiap siagaan, Iskandar mengatakan pihaknya melalui dinas sosial sudah mengirimkan bantuan lima truk, 4 truk di tujukan ke Aceh Barat, Aceh Barat Daya, Subulussalam dan Singkil telah tiba ditempat masing – masing sedangakn 1 truk yang ditujukan ke Aceh Jaya masih terjebak lumpur di Glee Pante Kecamatan Jaya, Aceh Jaya.

“Cuaca masih mendung disana, orang BPBA sudah ada disana, terutama Aceh Selatan, Aceh Barat, jadi membantu Pemkab Aceh Barat, penanganan masih dilakukan pemerintah setempat, kita hanya membantu sistem pelaporan,” katanya.

Iskandar menambahkan untuk mengantisipasi masalah akses ke lokasi banjir, BPBA sudah meminta pihak BMCK untuk membersihkan kerusakan jalan menuju kelokasi, selain itu pihaknya telah meminta pihak dinas sosial untuk menambah bantuan ke Aceh Selatan dan Aceh Jaya.

Lebih lanjut Iskandar mengatakan dari informasi yang diterima dai pihak BMKG Aceh, kawasan barat selatan masih berpotensi hujan hingga sepekan kedepan, untuk itu BPBA mengharapkan dinas sosial dan dinas kesehatan untuk siap siaga menyediakan stok obat dan makanan yang dibutuhkan. (im)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.