Pemda Aceh Usulkan di Bangun Ma’had Ali

Pemerintah Aceh melalui Badan Dayah Provinsi Aceh kembali mengusulkan Dayah Ma’had Ali untuk program study S 3 bagi santri pada 3 dayah yang ada di Aceh pada tahun ini, yang sebelumnya juga telah diusulkan Pemda Aceh ke kementrian Agama RI dari tahun 2009 lalu. Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Aceh Muhammad Nazar, dalam kunjungan kerjanya ke Dayah Markaz Al Islah Al Aziziyah Selasa (29/9) pagi di Banda Aceh.

Terkait hal itu Pemda Aceh telah mempersiapkan sarana dan prasarana yang memadai untuk proses pembelajaran para santri yang hendak melanjutkan pendidikannya setingkat S 3. Menurut Wagub, untuk melaksanakan perkuliahan S 3 di dayah, diperlukan minimal 15 tenaga pengajar yang sudah lulus S 2.

“Tentu perkuliahan ini berbeda dengan para sarjana yang kuliah diluar lembaga dayah, dan ini kita fokuskan kepada santri yang ingin mengembangkan ilmu agama” ujarnya.

Muhammad Nazar menambahkan Pemda Aceh telah menyiapkan tiga dayah terbesar di Aceh yang menurutnya sudah siap untuk menjalankan program S 3 kedayahan tersebut yakni dayah MUDI Mesra Samalanga Bireun, dayah Kuta Krueng di Ulee Glee dan dayah Malikussaleh Panton Labu Aceh Utara. Ketiganya sudah memiliki persyaratan yang memadai untuk melaksanakan perkuliahan santri jenjang S 3.

“Kita terus melakukan upaya untuk menyetarakan antara lulusan dayah dan pendidikan umum lainnya agar kedepan dapat melahirkan pemikir – pemikir yang cinta akan agama” ungkapnya.

Nazar mengharapkan dengan adanya program tersebut dapat memberi peluang besar bagi peningkatan ilmu umum oleh santri dayah di Aceh, para santri tidak hanya memiliki kemampuan ilmu agama namun juga harus bisa ilmu umum.

“Melalui Badan dayah Aceh Pemda akan membangun dayah Ma’had Ali yang setara S3 tersebut nantinya akan dibuka jurusan-jurusan ilmu agama murni dan umum”ujarnya.

Pemerintah Aceh diperkirakan selambat – lambatnya akan membangun dayah Ma’had Ali tersebut hingga akhir 2011 mendatang. Diharapkan semua santri di Aceh yang sudah memiliki sarjana agar mempersiapkan diri untuk mengikuti pendidikan tersebut. (im)

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads