Firmandez: Tak Seharusnya TDL Dinaikan

0
17

Ketua Kamar Dagang dan Industri Provinsi Aceh, Firmandez, mengatakan pemerintah tak seharusnya menaikan tarif dasar listrik karena kebijakan tersebut akan menambah gejolak perekonomian. Hal itu disampaikan Firmandez saat diminta tanggapannya terkait keadaan perdagangan Aceh pasca kenaikan Tarif Dasar Listrik yang mulai berlaku per 1 juli 2010 lalu.

Menurut Firmandez, kenaikan tarif dasar listrik (TDL) yang berlaku mulai 2010 dinilai tidak tepat karena kondisi tersebut akan semakin menambah persoalan perekonomian.

“Kami minta pemerintah bisa menunda kebijakan tersebut dan tidak diberlakukan secepatnya karena kondisi perekonomian juga belum sepenuhnya stabil,” katanya.

Menurut dia, jika TDL dinaikan, maka dipastikan para pelaku usaha akan terbebani penambahan biaya produksi. Padahal di sisi lain, saat ini pihak perusahaan masih menghadapi persaingan pasar bebas.

“Jujur saja, banyak perusahaan diperkirakan tidak siap menghadapi kenaikan TDL karena saat ini saja, mereka juga masih menghadapi persaingan perdagangan bebas,” katanya.

Ia mengatakan, pemerintah bisa menaikan tarif dasar listrik jika kondisi perekonomian di masyarakat sudah baik. Selain itu, kenaikan TDL juga akan berdampak pada industri khususnya yang terkena pengaruh perdagangan bebas ASEAN-China (ACFTA). (im)


 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.