NTP Aceh Meningkat

0
33
Salman Iqbal – Antero 
 
Nikai Tukar Petani (NTP) Provinsi Aceh selama bulan Februari mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan bulan Januari 2010. NTP provinsi Aceh pada bulan Februari yaitu sebesar 103,24 atau meningkat 0,93 persenbila dibandingkan dengan bulan januari yang besar 102,26.
 
Kepala Badan Pusat Statistik provinsi Aceh, Syeh Suhaimin mengatakan peningkatan tersebut dikarenakan ada empat subsektor Nilai Tukar Petani Aceh yang berada diatas 100, seperti subsektor tanaman pangan, Holtikultura, tanaman perkebunan rakyat dan perikanan. “Hingga bulan februari 2010 empat subsektor berada diatas seratus, yaitu tanaman pangan, holtikultura, perkebunan rakyat dan perikanan sedangkan subsektor perternakan masih berada dibawah 100 yaitu 99,76 dibulan Februari” kata suhaimin.
 
Suhaimin menambahkan pada bulan Februari juga telah terjadi inflasi di pedesaan sebesar 0,43 persen, hal itu disebabkan oleh kenaikan indeks konsumsi rumah tangga.
 
Adapun kelompok-kelompok yang terjadi inflasi adalah kelompok bahan makanan, pendidikan dan kelompok transportasi dan komunikasi.  Sedangkan kelompok yang terjadi deflasi yaitu perumahan dan kesehatan.
Lebih lanjut Suhaimin menambahkan untuk nilai ekspor provinsi Aceh pada bulan Januari 2010 masih lebih rendah bila dibandingkan dengan desember tahun 2009 lalu, yaitu sebesar 1,16 persen.
 
http://radioantero.net/savedeposit/audio/april 10/02042010_SALMAN_NTP ACEH MENINGKAT.MP3
 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.