Akhyarul Mulki dan Isna Mauliana Terpilih sebagai Duta Baca UIN Ar-Raniry 2024

0
12

Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh menggelar pemilihan Duta Baca tahun 2024. Setelah melalui proses seleksi yang ketat, Akhyarul Mulki dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) dan Isna Mauliana dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) terpilih sebagai Duta Baca UIN Ar-Raniry tahun 2024.

Selain itu, dalam pemilihan kali ini, juga diumumkan para pemenang dari kategori lain. Andri Suriansyah SE MSi dari SPI terpilih sebagai Duta Baca Tenaga Kependidikan, sementara Dr Tarmizi Jakfar MAg dari Fakultas Syariah dan Hukum berhasil meraih gelar Duta Baca Dosen.

Untuk kategori Pemustaka Teraktif diraih oleh Idaman Syahputra Caniago dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi dan Syukrinur MLIS dari Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) terpilih sebagai Sahabat Perpustakaan.

Kepala Biro AAKK UIN Ar-Raniry Banda Aceh Mirwan Fasta MSi, mewakili Rektor Prof Dr Mujiburrahman MAg, mengucapkan selamat kepada para pemenang dan berharap mereka dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

“Kami berharap para Duta Baca yang terpilih dapat menjadi inspirasi dan motivator bagi sivitas akademika UIN Ar-Raniry dalam meningkatkan budaya literasi,” ujarnya.

Mirwan menegaskan bahwa para duta memiliki tanggung jawab besar, terutama dalam menumbuhkan minat baca di kalangan masyarakat, khususnya sivitas akademika UIN Ar-Raniry. Menurutnya, sebagai institusi, UPT Perpustakaan menghadapi tantangan dalam mempertahankan akreditasi. Oleh karena itu, harus adaptif dan responsif terhadap percepatan kemajuan teknologi di era digital agar tidak tertinggal oleh perpustakaan lainnya.

“Kita jangan terjebak dengan perpustakaan dalam perspektif lama, maka kita akan tertinggal. Perspektif dulu terbayang perpustakaan tumpukan buku, tapi pergeseran waktu dan percepatan teknologi merubah itu semua,” kata Mirwan.

Sementara itu, Ketua UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Suherman, MEc, menyebutkan bahwa pemilihan Duta Baca UIN Ar-Raniry 2024 bertujuan untuk memotivasi dan meningkatkan minat baca masyarakat kampus, serta mendukung kegiatan literasi yang digalakkan oleh UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry.

“Dengan terpilihnya Akhyarul Mulki dan Isna Mauliana sebagai Duta Baca, diharapkan mereka dapat menjadi ujung tombak dalam kampanye budaya membaca di lingkungan kampus,” ujar Herman.

Ketua pelaksana pemilihan Duta Baca UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Yusrawati, MIP, mengatakan bahwa ajang pemilihan Duta Baca UIN Ar-Raniry 2024 diikuti oleh 14 peserta dari kategori mahasiswa.

Proses pemilihan yang dilaksanakan secara tatap muka ini dinilai oleh lima juri, terdiri dari dua juri internal dan tiga juri eksternal dari Universitas Syiah Kuala (USK) dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Lhokseumawe.

“Dewan juri menilai para peserta berdasarkan beberapa komponen, yaitu kompetensi, portofolio, wawancara, dan presentasi. Hasilnya, Akhyarul Mulki dari FEBI dan Isna Mauliana dari FTK berhasil menunjukkan keunggulan mereka dan dinobatkan sebagai Duta Baca UIN Ar-Raniry 2024,” terang Yusrawati.