Loje Brasre: Handbody Lokal dengan Kualitas Premium

0
13

Dalam beberapa tahun terakhir, industri skincare di Indonesia telah mengalami perkembangan pesat, terutama produk-produk lokal yang semakin mendapatkan tempat di hati konsumen. Salah satu produk yang menonjol adalah handbody lotion.

Dengan berbagai inovasi dan kualitas yang tidak kalah dari produk luar, handbody lokal mulai diminati dan menembus pasar nasional dan global, salah satunya seperti produk lokal berikut ini, yaitu Loje Brasre.

“Perkenalkan Loje Brasre, bodycare yang sedang trend berasal dari lingkungan (organik), untuk kecantikan yang terinspirasi dari limbah jeruk” kata Maya, memperkenalkan produk handbody lotion miliknya.

Loje Brasre merupakan nama Merk dari handbody, Awal diperkenalkan ke publik, orang-orang mengira Loje Brasre adalaha produk luar karena pengucapannya ‘Lo-je Bras-sre’ yang terdengar asing, bahkan beberapa mengira dari negara seperti Prancis, Thailand atau Eropa.

Ternyata produk ini asli dari Indonesia yaitu Aceh tepatnya Aceh Tenggara. Namanya sendiri terinspirasi dari bahan dasar pembuatan produk ini

“Loje Brasre, singkatan dari Limbah Jeruk Brastagi Sereh, karena Brastagi merupakan penghasil Jeruk terbesar di Sumatera, Aceh ada minyak Sere di Gayo Lues untuk kategori eksport” terang Maya sambil tertawa.

Bahan-bahan ini dikenal memiliki khasiat yang baik untuk kulit, seperti melembapkan, menyehatkan, dan memberikan aroma yang menyegarkan.Maya sendiri merupakan empunya dari Brand ini.

Diusianya yang masih muda, ia memutuskan untuk memulai bisnis produk perawatan kecantikan yang terinspirasi dari kulit jeruk, “Bagaimana memanfaatkan limbah jeruk ini mengolah menjadi produk yang bermanfaat dan memiliki nilai ekonomi” jawabnya.

Kesadaran akan pentingnya menjaga dan memanfaatkan lingkungan denan bijak menjadi salah satu alasan Maya mengadopsi praktik ramah lingkungan dalam proses produksinya. Mulai dari proses produksi yang minim limbah karena memanfaatkan kulit jeruk hingga penggunaan kemasan yang dapat didaur ulang hingga, langkah-langkah ini menambah nilai positif bagi produk Loje Brasre.

Juga Aroma harum dan tahan lama serta kebaikan untuk merawat dan mencerahkan kulit karena kandungan vitamin C nya yang dapat menangkal radiasi sinar matahari (antioksidan).

Di tahun 2023, Loje Brasre menjadi salah satu finalis dalam ajang BSI Aceh Muslim Preneur (AMP) untuk kategori Starter dan telah membuka peluang bagi Maya untuk memproduksi dan mengembangkan bisnisnya lebih luas.

“Benefit setelah Award itu, saya masih mendapatkan pendampingan bisnis, pengurus peizinan usaha, promosi di acara-acara besar, koneksi sesama pelaku usaha hingga akses pendanaan yang mudah” jelas Maya.

Tak hanya lotion, Loje Brasre juga memiliki produk unggulan lain seperti body scrub dan lips balm, juga menggunakan bahan alami. Lotionnya sendiri selain merawat kulit juga dapat menjadi anti nyamuk alami sehingga aman digunakan oleh segala jenis kulit dan usia di atas 9 tahun.Untuk pemasaran, selain online Maya juga melakukan promosi secara offline seperti dari mulut ke mulut, kenalan, menitipkannya di BSI UKM Center.

“Pemasaran Loje Brasre selain di Aceh, Banda Aceh dan Aceh Tenggara juga udah sampai ke Padang dengan sistem open Reseller dan masih berlanjut hingga sekarang, kalau online di Instagram @loje_brasre” tutup Maya.

Dengan dukungan yang tepat, terus berinovasi dan strategi pemasaran yang efektif, produk lokal seperti Loje Brasre tentu akan dapat bersaing tak hanya pasar lokal dan Nasional namun juga ke pasar Global.