Prodi SKI UIN Ar-Raniry Banda Aceh Raih Akreditasi Unggul

0
9

Program Studi Sejarah dan Kebudayaan Islam (SKI) Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh, berhasil meraih peringkat Akreditasi Unggul. Hal ini tertuang dalam Surat Keputusan Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT No. 4272/SK/BAN-PT/Ak.KP/S/V/2024.

Peringkat akreditasi ini berlaku mulai 21 Mei 2024 hingga 15 Desember 2025. Keputusan ini didasarkan pada penilaian dan evaluasi menyeluruh yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

“Akreditasi Unggul ini merupakan hasil dari kerja keras seluruh sivitas akademika Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh khususnya Prodi SKI dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di bidang sejarah dan kebudayaan Islam,” ujar Dekan Fakultas Adab dan Humaniora, Syarifuddin MA PhD dalam keterangannya, Jum’at (24/5/2024).

Keputusan ini juga mengonversi peringkat akreditasi Program Studi Sejarah dan Kebudayaan Islam sebelumnya yang tercantum dalam Surat Keputusan BAN-PT Nomor 8226/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2020 dengan nilai 367 menjadi peringkat Unggul. Ini menunjukkan peningkatan kualitas dan komitmen program studi dalam menyediakan pendidikan yang terbaik bagi mahasiswa.

Dengan peringkat akreditasi ini, Program Studi Sejarah dan Kebudayaan Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh diharapkan dapat terus berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan kebudayaan Islam, baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Keberhasilan ini merupakan tanggung jawab yang besar bagi kami untuk terus menjaga dan meningkatkan kualitas pendidikan serta menghasilkan lulusan yang berkompeten dan berdaya saing tinggi,” tambah Syarifuddin.

Para mahasiswa dan alumni Program Studi Sejarah dan Kebudayaan Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh menyambut baik pencapaian ini dan berharap agar program studi ini terus berkembang dan berinovasi.