Membangun Bisnis Minuman Sehat: Jus Garlic Time ‘Enerbay’ di Tengah Tren Gaya Hidup Sehat

0
18

Bisnis minuman sehat adalah salah satu sektor UMKM yang terus berkembang pesat di tengah kesadaran yang semakin meningkat akan pentingnya gaya hidup sehat.

Produk minuman sehat bukan hanya tren sementara, bisnis ini telah menjadi bagian dari gaya hidup yang berkelanjutan.

Konsumen semakin cerdas memilih minuman sehat, mereka beralih dari minuman yang mengandung bahan kimia dan gula tinggi ke minuman yang benar-benar bermanfaat bagi kesehatan.

Bisnis minuman sehat memiliki peran strategis dalam memenuhi permintaan ini. Seperti Enerbay, atau lebih dikenal dengan Jus Garlic Time merupakan minuman sehat dari ekstra bawang putih yang diolah hingga menjadi produk minuman yang menarik.

Sesuai Namanya garlic yang berarti bawang putih, adalah bahan utama minuman ini, Jenis bawang putih yang digunakan adalah bawang tunggal yang telah dipercaya khasiatnya secara turun temurun, “Bawang putih tunggal kan khusus untuk kesehatan” sebut Nawwal, Produsen Enerbay Jus Garlic Time .

Selain itu, Jus Garlic Time juga mengandung madu hutan asli dan lima bahan alami lainnya yang bermanfaat untuk Kesehatan. Minuman biotanikal ini dipercaya dapat menjaga kadar kolesterol dan membuat berat badan tetap terjaga karena mencegah lemak berlebih dalam tubuh lagi aman dikonsumsi oleh penderita Diabetes, “Manfaatnya sendiri sebagai minuman pencegah kolesterol, terinspirasi dari ramuan keluarga sejak terldahulu” jelasnya.

Namun, ada tantangan yang harus dihadapi di balik peluang besar ini, seperti ketersediaan bahan baku membuat produksi Enerbay tidak selalu lancar, “Kami masih harus memasok bawang tunggal dari petani di pulau Jawa karena ketiadaan bahan baku di kita (Aceh)” iba Nawwal.

Tak hanya itu, persaingan yang ketat, standar kualitas, dan keamanan produk, serta pemasaran yang efektif untuk menjangkau target konsumen juga menjadi tantangan tersendiri dalam menjalankan bisnis ini.

“Iya, tantangannya jelas ada ya, kompetitor minuman sehat ada beberapa yang kita lihat, tapi kelebihan produk kita tanpa bahan pengawet sehingga aman lagi baik untuk dikonsumsi oleh semua kalangan, beruntung juga kita telah tersertifikasi BPOM dan HALAL” terangnya dengan sumbringah.

Enerbay yang memulai usahanya pada akhir 2022 lalu telah meraih prestasi yang menggembirakan yaitu juara 2 pada Awarding Bsi Aceh Muslim Preuneur (AMP) tahun 2023 Kategori Scale Up UMKM Industri Pengolahan Makanan & Minuman sehat alami dengan produk minuman Jus ‘Garlic Time.

Enerbay menjadi bagian dari UMKM binaan BSI Aceh yang mendapatkan manfaat produk mereka dikenal secara luas, jaringan dengan sesama pelaku usaha, pelatihan hinggan akses pendanaan, “Benefitnya ngga cuma hadiah ya, kita juga punya kesempatan diikut sertakan pada acara-acara UMKM untuk unjuk produk kita”ucapnya.

Ke depan, Nawwal yang masih memiliki mimpi untuk ikut memberdayakan petani di Aceh, Ia mengatakan, “Kita juga ingin memberdayakan petani lokal dengan memanfaatkan lahan pertanian untuk budidaya bawang Tunggal di Aceh, jadi harapan petani juga dapat berdaya bersama dan pemasokan untuk Enerbay sendiri akan semakin terbantu dan cepat.”

Saat ini, Produk Enerbay Just Garlic Time tesedia dalam ukuran 100 ml dan 250 ml, dan telah tersebar secara offline di Banda Aceh dan online di marketplace Shopee enerbay official shop atau media sosial Instagram @enerbaayid.