Minat Masuk UIN Ar-Raniry Meningkat 300% di Tahun 2024

Tahun ini, Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry di Banda Aceh mencatat kenaikan signifikan minat pendaftar mahasiswa baru. Angkanya mencapai 300% melalui jalur SPAN-PTKIN, dibandingkan tahun sebelumnya.

Berdasarkan data, UIN Ar-Raniry menduduki posisi kedua se-Sumatera dan ke-11 secara nasional di antara Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di Indonesia.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Prof Dr Muhammad Yasir Yusuf, MA, mengungkapkan bahwa pada 2024, jumlah calon mahasiswa yang mendaftar melalui jalur SPAN-PTKIN mencapai 8.604, naik drastis dari 2.015 pendaftar pada tahun 2023.

“Alhamdulillah, kita bersyukur jumlah peminat yang ingin menjadi mahasiswa UIN Ar-Raniry melalui jalur SPAN-PTKIN tahun 2024 ini meningkat 300 persen dari tahun sebelumnya, yaitu mencapai 8.601 orang peminat, dari kouta 1.992 yang tersedia,” kata Prof Yasir, Rabu (27/3/2024).

Sementara itu, Ketua Admisi UIN Ar-Raniry, Muammar Yulian MSi menjelaskan bahwa peningkatan tersebut tidak terlepas dari akreditasi unggul yang diraih UIN Ar-Raniry dan peningkatan fasilitas serta layanan akademik yang terus diprioritaskan.

“Dalam konteks ini, peningkatan animo calon mahasiswa tidak lepas dari pencapaian UIN Ar-Raniry yang telah terakreditasi unggul, serta upaya berkelanjutan dalam meningkatkan fasilitas dan layanan akademik yang dilakukan oleh pimpinan UIN Ar-Raniry,” ungkapnya.

Muammar yang juga merupakan Ketua Prodi Kimia Fakultas Sains dan Teknologi tersebut berharap peningkatan minat ini berlanjut melalui jalur pendaftaran lainnya, termasuk UTBK-SNBT dan UM-PTKIN, serta jalur mandiri yang akan diumumkan kemudian.

“Kita berharap agar peningkatan jumlah peminat calon mahasiswa untuk kuliah di UIN Ar-Raniry juga bertambah melalui jalur pendaftaran yang sedang dan akan dibuka, meliputi jalur UTBK-SNBT pada 21 Maret – 5 April 2024 dan UM-PTKIN pada 17 April hingga 15 Juni 2024, serta jalur mandiri yang jadwalnya akan diumumkan dalam waktu yang akan datang,” ungkapnya. []

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads