UIN Ar-Raniry Galang Pengabdian Mahasiswa Berbasis Qur’ani

Sebanyak 821 Mahasiswa Peserta Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Reguler Semester Genap Tahun Akademik 2023/2024 Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, mengikuti kegiatan coahing/pembekalan dengan tema ‘Bersinergi Membangun Gampong Qur’ani.’

Kegiatan ini berlangsung di Auditorium Ali Hasjmy UIN Ar-Raniry Banda Aceh, pada Selasa (6/2/2024). Dibuka langsung oleh Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Dr Mujiburrahman MAg yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan UIN Ar-Raniry, Prof Dr Khairuddin MAg.

Prof Khairuddin dalam arahannya meminta mahasiswa untuk mengikuti pembekalan tersebut dengan serius, ia menekankan pentingnya kegiatan ini agar mahasiswa mempersiapkan diri dengan baik, terlebih kegiatan KPM ini juga akan berlangsung pada beberapa minggu di bulan Ramadhan.

“Kegiatan pembekalan KPM ini sangat penting sekali, akan ada permasalahan serius yang terjadi di lapangan jika tidak ada pembekalan, semoga adik-adik mahasiswa dapat mengikuti dengan serius dan mempersiapkan diri untuk mengisi bulan Ramadhan di lokasi KPM,” ujar Prof Khairuddin.

Lebih lanjut, Prof Khairuddin mengajak peserta KPM Reguler tersebut untuk turut mempromosikan kampus UIN Ar-Raniry di lokasi KPM dengan cara sosialisasi serta menjaga adab dan tingkah laku selama mengikuti kegiatan pengabdian.

“Saya berharap adik-adik mahasiswa dapat menjadikan kegiatan ini salah satunya untuk mempromosikan kampus UIN Ar-Raniry, sebagai kampus yang terakreditasi unggul juga harus dicerminkan pada rutinitas mahasiswa sehari-hari di tempat pengabdian.

Sementara itu, Kepala Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat (P2M) UIN Ar-Raniry, Dr Sri Suyanta MAg dalam laporannya menyampaikan jumlah peserta pembekalan KPM Reguler tersebut sebanyak 821 orang.

“Jumlah peserta pada KPM Reguler ini adalah 821 orang, yang terdiri dari 319 laki-laki dan 502 perempuan, berasal dari delapan fakultas di UIN Ar-Raniry,” ungkap Dr Sri Suyanta.

Selanjutnya, Dr Sri Suyanta menyampaikan bahwa peserta KPM ini akan ditempatkan di 100 desa pada empat kecamatan di Kabupaten Bener Meriah. Pelaksanaan KPM ini direncanakan akan dimulai pada 20 Februari 2024 dan berakhir pada 4 April 2024.

“Peserta KPM kali turut melakukan pengabdian di bulan Ramadhan, kami harapkan agar adik-adik mahasiswa mempersiapkan diri dengan baik, harap menyesuaikan semua aktifitas dan perilaku sesuai tengan semangat tema KPM yang kita usung,” ungkapnya.

Turut hadir, Kepala LP2M UIN Ar-Raniry Dr Jasafat MA, sejumlah dekan dan wakil dekan di lingkungan UIN Ar-Raniry.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads