PWI Kembali Adakan Uji Kompetensi Wartawan di Aceh

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat melaksanakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) untuk 24 peserta jenjang muda yang telah lolos seleksi untuk mengikuti UKW PWI-BUMN.

Kegiatan bertema “Menciptakan Wartawan Profesional dan Berakhlak” itu dilaksanakan di Ballroom Lampineung Hermes Palace Hotel Banda Aceh, Kamis, 28 Desember 2023.

Dalam sambutannya Sekjen PWI Pusat Sayid Iskandarsyah mengapresiasi PWI Aceh yang telah mendukung pelaksanaan UKW sehingga jumlah wartawan kompeten di Aceh mencapai 343 orang.

Dukungan juga datang dari Bank Syariah Indonesia (BSI) dan PT Perkebunan Nusantara III (Persero) atau PTPN III bersama Forum Humas BUMN. Dukungan dari dua perusahaan BUMN ini menandakan dimulainya UKW PWI-Kementerian BUMN yang berlangsung di PWI Provinsi seluruh Indonesia.

“Saya berharap dengan pelaksanaan kegiatan UKW yang di support oleh Kementerian  BUMN dalam hal ini BSI dan Perkebunan Nusantara III, para pesertanya lulus semua dan menambah jumlah wartawan bersertifikat kompetensi,” kata Sayid.

Pelaksanaan kegiatan UKW ini dilaksanakan secara serentak di tiga provinsi, yaitu Aceh, Nusa Tenggara Timur, dan Sulawesi Utara. Aceh menjadi provinsi pertama pelaksanaannya yang digelar selama dua hari, yaitu 28-29 Desember 2023.

Sementara itu, Ketua PWI Aceh Nasir Nurdin mengatakan di Aceh kecenderungan wartawan yang mengikuti UKW sangat tinggi sehingga tinggal 124 wartawan anggota PWI Aceh yang belum bersertifikat UKW.

Sambutan juga disampaikan oleh Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Umum Sekda Aceh, Dr. H. Iskandar, AP, S.Sos, M.Si yang menyebutkan media merupakan salah satu elemen penting dalam kehidupan berdemokrasi untuk menghubungkan masyarakat dengan pemimpinnya.

Selain itu dalam menjalankan fungsinya pers kerap dianggap sebagai pilar keempat demokrasi, sebagaimana tercantum pada UU Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers yang menyebutkan pers nasional mempunyai fungsi sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol sosial.

“Sangatlah penting bagi pemerintahan mana pun untuk memiliki hubungan baik dengan pers dan para wartawan agar dapat menyampaikan informasi mengenai kegiatan pemerintahan, mengontrol pemerintahan dengan cara-cara yang baik dan benar sesuai Peraturan Perundang-undangan,” ujarnya.

Dia menegaskan hubungan pers dan pemerintah adalah simbiosis mutualisme, hubungan yang saling menguntungkan. Pers adalah mitra yang diharapkan dapat memberikan berbagai informasi.

CEO BSI Regional Aceh Wisnu Sunandar yang juga sebagai narasumber dalam pelaksanaan UKW tersebut mengatakan BSI Aceh selama ini memiliki hubungan baik dengan PWI Aceh.

“Kami sangat mendukung kegiatan UKW ini, sebagaimana juga inline dengan apa yang dilakukan oleh kantor pusat Bank Syariah Indonesia dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam pelaksanaan acara ini,” ujarnya.

Dia menyebutkan kegiatan ini akan meningkatkan kompetensi wartawan, update teknologi, informasi, inovasi, dan sebagai pendukung dalam memberikan informasi kepada khalayak luas.

“Kita berharap kegiatan ini akan menumbuhkan narasi positif dan konstruktif sehingga kita bersama-sama membuat Aceh Lon Sayang ini semakin maju, semakin bagus, dan sejahtera rakyatnya,” tutupnya. (Editor: Lia Dali)

Berita Terkait

Berita Terbaru